Algoritma tabu search untuk menyelesaikan Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP) dan analisanya / Natalia Ambarukmi H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Algoritma tabu search untuk menyelesaikan Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP) dan analisanya / Natalia Ambarukmi H.

Handoyo, Natalia Ambarukmi (2012) Algoritma tabu search untuk menyelesaikan Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP) dan analisanya / Natalia Ambarukmi H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Vehicle Routing Problem Periodic Vehicle Routing Problem Algoritma Tabu Search Metode Nearest Neighbour Metode Insertion Heuristic. Teori graph merupakan cabang ilmu yang dapat menggambarkan permasalahan secara ringkas karena penggunaan lambing diagram dan simbol-simbol sehingga lebih mudah dipahami dan diselesaikan. Salah satu konsep pada teori graph yang dapat diterapkan adalah Vehicle Routing Problem (VRP). Permasalahan VRP merupakan masalah pencarian rute terpendek dari depot ke customer yang letaknya tersebar di berbagai tempat atau lokasi. Dari rute yang terbentuk setiap customer hanya dikunjungi tepat satu kali dan oleh tepat satu kendaraan dimana kendaraan tersebut harus berawal dan berakhir di depot. Syarat lain yang harus dipenuhi adalah total permintaan customer tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. Salah satu pengembangan VRP adalah Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP). PVRP merupakan pengembangan dari VRP dengan penambahan kendala setiap customer dilayani dalam suatu periode yang bekerja pada planning horizon dari t hari dan setiap customer mempunyai frekuensi pelayanan yang telah ditetapkan. Permasalahan PVRP yang dibahas diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Tabu Search yang digambarkan dengan suatu graph. Graph tersebut dianggap sebagai peta yang menjelaskan kemungkinan jalur yang dapat dilewati dengan setiap titik mewakili depot dan pelanggan setiap sisi menunjukkan jalan yang menghubungkan antar titik dan setiap bobot pada sisi mewakili jarak. Jumlah permintaan barang dinotasikan dengan dan kapasitas kendaraan jenis dengan . Penyelesaian Algoritma tabu search ada dua tahap penyelesaian yaitu tahap inisialiasai dan tahap pengembangan. Pembahasan selanjutnya adalah menemukan jarak tempuh yang diselesaikan dengan algoritma tabu search dibandingkan dengan jarak tempuh yang diselesaikan dengan metode nearest insertion. Pembahasan mengenai permasalahan PVRP ini memberikan beberapa analisa. Algoritma tabu search yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan PVRP yaitu pemilihan titik pelanggan didasarkan pada penggantian jadwal pelayanan tiap customer. Urutan pelanggan harus diperhatikan agar tidak terjadi pelanggaran terhadap kendala kapasitas. Berdasarkan dua contoh yang telah dibahas diketahui bahwa metode nearest neighbour pada tahap inisialisasi dan algoritma tabu search yang digunakan dalam tahap pengembangan dapat menghasilkan jarak tempuh yang minimum dibandingkan dengan menggunakan metode nearest insertion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17113

Actions (login required)

View Item View Item