Penerapan analisis konjoin (Conjoint Analysis) dalam pengembangan produk baru untuk sabun mandi padat (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Lisa Dewi Priyanti

Priyanti, Lisa Dewi (2012) Penerapan analisis konjoin (Conjoint Analysis) dalam pengembangan produk baru untuk sabun mandi padat (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Lisa Dewi Priyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: analisis konjoin, atribut-atribut beserta levelnya yang mempengaruhi preferensi mahasiswa Jurusan Matematika dalam pemilihan produk sabun mandi padat, Regresi Peubah Dummy Sabun mandi adalah salah satu produk bisnis yang sangat menguntungkan karena sabun mandi merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan inovasi baik dalam hal promosi, reformasi produk maupun merek. Untuk menghadapi masalah tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat suatu pengembangan produk baru. Produk baru ini merupakan hasil pengembangan produk yang mengalami modifikasi inovasi, baik kecil maupun besar (produk yang belum pernah dijual oleh orang lain). Pada penelitian ini digunakan metode analisis konjoin untuk mengetahui atribut-atribut beserta levelnya dari sabun mandi padat yang paling sesuai dengan keinginan para konsumen khususnya mahasiwa Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya meliputi manfaat , ukuran, aroma, warna dan harga. Untuk atribut manfaat terdiri dari kecantikan dan kesehatan, untuk atribut ukuran meliputi 70 gram, 90 gram, dan 120 gram, umtuk atribut aroma meliputi aroma buah, aroma bunga, dan aroma parfum, untuk atribut warna meliputi putih, muda, dan gelap, untuk atribut harga meliputi <2500, 2500 sampai 3500, dan >3500. Dalam tahapan analisis konjoin ini menggunakan regresi peubah dummy untuk mencari koefisien parthworth yang digunakan untuk mencari nilai utility level dari masing-masing atribut sabun mandi padat. Variabel respon dari kasus ini berupa nilai rata-rata preferensi 100 responden dengan variabel prediktornya yaitu level-level dari atribut sabun mandi padat yang sudah diubah ke bentuk variabel dummy diantaranya meliputi manfaat kecantikan (X1), ukuran 70 gram (X2), ukuran 90 gram (X3), aroma buah (X4), aroma bunga (X5), warna putih (X6), warna muda (X7), harga <2500,- (X8), dan harga 2500,- sampai 3500,- (X9). Dengan terbentuknya model regresi peubah dummy, diperoleh produk baru sabun mandi padat dari preferensi responden mahasiswa Jurusan Matematika melalui perhitungan koefisien parthworth yaitu sabun mandi padat kesehatan dengan nilai utiliti sebesar 0,078, ukuran 120 gram dengan nilai utiliti sebesar 0,1497, aroma bunga dengan nilai utiliti sebesar 0,0467, warna muda dengan nilai utiliti sebesar 0,0587, dan harga antara Rp2500,- sampai Rp3500,- dengan nilai utiliti sebesar 0,1947.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item View Item