Penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi bangun datar lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Malang / Recca Sankly Yuswanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi bangun datar lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Malang / Recca Sankly Yuswanti

Yuswanti, Recca Sankly (2012) Penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi bangun datar lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Malang / Recca Sankly Yuswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci quantum teaching lingkaran hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada kelas VIII-J SMP Negeri 2 Malang ditemukan bahwa materi lingkaran merupakan salah satu materi yang dianggap sulit. Hal ini dikarenakan pada materi tersebut siswa banyak mengalami kesalahan konsep yang mengakibatkan hasil belajar yang mereka capai kurang. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan guru dalam pemilihan model pembelajaran. Itulah yang menjadi alasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada kelas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi bangun datar lingkaran sehingga penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru tes wawancara serta catatan lapangan. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan yang terakhir adalah tahap refleksi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan. Pertama keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek pada siklus I yang dilakukan oleh kedua observer memiliki rata-rata 66 5% dan keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek guru memiliki rata-rata 67 5% . Sedangkan pada siklus II keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek siswa mengalami peningkatan menjadi 80%. Hal itu berlaku pula pada keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek guru yang mengkat menjadi 81 5%. Kedua persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan post test pada setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 17 siswa sehingga persentase ketuntasan siswa dalam belajar adalah 70 8%. Mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar adalah 87 5% dengan 21 siswa yang tuntas. Dari kedua simpulan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran quantum teaching dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item