Peningkatan pemahaman konsep materi keliling dan luas lingkaran melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Rina Mustika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep materi keliling dan luas lingkaran melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Rina Mustika Sari

Sari, Rina Mustika (2012) Peningkatan pemahaman konsep materi keliling dan luas lingkaran melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Rina Mustika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemahaman konsep Snowball Throwing keliling dan luas lingkaran Berdasarkan nilai ulangan materi Pythagoras yaitu materi sebelum keliling dan luas lingkaran banyak siswa yang lulus SKM adalah 19 siswa dari 27 siswa dengan prosentase 70 37 %. Hal ini cukup baik namun masih perlu ditingkatkan. Delapan siswa tidak lulus SKM. Merosotnya mutu pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika menurut Fauzyah (dalam Reni Pujiana 2005 12 ) salah satu indikator kemerosotan adalah rendahnya perolehan nilai UAN. Penelitian Rohmah (dalam Reni Pujiana 2005 13) menunjukkan nilai rata-rata Matematika SLTP/MTs 2002 pada UAN adalah 5 29 yang merupakan nilai rata-rata terendah dibandingkan mata pelajaran yang lain. Siswa hanya bisa menghafal tanpa mengetahui makna dan tujuan dari rumus-rumus atau konsep-konsep dalam matematika. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi keliling dan luas lingkaran. Snowball Throwing merupakan salah satu jenis model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran Snowball Throwing dibentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok unuk mendapat tugas dari guru kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang yang berjumlah 27 siswa. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah keliling dan luas lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasan keliling dan luas lingkaran bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Penerapan pembelajaran Snowball Throwing diawali dengan pemberian LKS kepada kelompok untuk menemukan sendiri konsep-konsep materi. Kemudian peneliti (guru) meminta siswa menyusun soal soal yang telah disusun ditukarkan dengan siswa lain. Berdasarkan hasil angket yang telah dibagikan kepada siswa maka siswa memberikan respon sangat baik sebanyak siswa () siswa merespon baik sebanyak siswa () dan siswa merespon cukup sebanyak siswa (). setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing terdapat 40 7% mengalami peningkatan dan 29 62% siswa berada pada tingkat pemahaman tertinggi yaitu tingkat pemahaman relasional pada siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item