Pengembangan modul pembelajaran trigonometri dengan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk siswa SMA RSBI kelas X semester II / Arum Sulistyo Pawestri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran trigonometri dengan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk siswa SMA RSBI kelas X semester II / Arum Sulistyo Pawestri

Pawestri, Arum Sulistyo (2012) Pengembangan modul pembelajaran trigonometri dengan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk siswa SMA RSBI kelas X semester II / Arum Sulistyo Pawestri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul trigonometri penemuan terbimbing RSBI Di era globalisasi seperti saat ini diperlukan suatu pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia internasional. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas dengan berbagai cara salah satunya dengan mendirikan sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). RSBI adalah sekolah yang kurikulumnya berdasarkan standar internasional sistem pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris untuk matapelajaran matematika dan eksak dan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Trigonometri merupakan materi baru untuk siswa SMA kelas X. Materi trigonometri identik dengan berbagai rumus yang apabila siswa hanya sekedar menghafalkannya tanpa mengetahui asal mulanya maka siswa akan cepat lupa. Untuk membuat siswa benar-benar paham tentang konsep trigonometri salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode penemuan terbimbing. Dengan metode penemuan terbimbing siswa diarahkan untuk menganalisis dan menemukan sendiri konsep-konsep. Apabila siswa menemukan sendiri konsep tentulah ingatan siswa akan lebih bagus dan lebih lama dibanding sekedar menghafal rumus. Kemampuan dan kecepatan siswa dalam memahami suatu materi tidaklah sama. Oleh karena itu juga diperlukan suatu bahan ajar yang mampu mengatasi masalah tersebut. Modul merupakan bahan ajar yang tepat untuk mengatasi perbedaan kecepatan belajar setiap siswa Dengan belajar menggunakan modul membuka kesempatan bagi siswa untuk belajar menurut kemampuan kecepatan belajar masing-masing tanpa adanya rasa persaingan. Modul pembelajaran trigonometri ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa Inggris dan metode penemuan terbimbing. Pada proses validasi dipilih satu dosen matematika dua guru matematika dan tujuh orang siswa sebagai pengguna. Dari hasil analisis data dinyatakan modul trigonometri ini valid dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar. Modul ini dapat digunakan oleh siswa untuk membantu menemukan sendiri tentang konsep trigonometri Bagi guru modul ini berguna sebagai salah satu media penunjang proses pembelajaran. Sedangkan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai inspirasi atau rujukan dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik lagi pada materi matematika lainnya. viii ABSTRACT Pawestri Arum Sulistyo. 2012. Developing Trigonometric Instructional Module Using Guided Discovery Method for Grade X of RSBI Senior High School at the Second Semester. Unpublished Thesis. Mathematics Department Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Advisors (I) Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd (II) Drs. Imam Supeno M.S. Keywords module trigonometry guided discovery RSBI In this era it is important for a country to have a graded education that produce graduates which can compete internationally. Therefore the government keeps improving the education quality variously and one of them is by constructing International School Based or it is well known as RSBI. RSBI is a school which use international curriculum standard use English language as the language communication in applying their teaching and learning process especially for mathematics and science subjects and the learning system is based on ICT. Trigonometry is new material for the grade X of Senior High School. This material is also learned much deeper later in the grade XI in science major of Senior High School. Trigonometry material is also related closely with formulas on which the students would be easily forget the formulas if they only remember the formulas without knowing the way its formulas are found and constructed. To make the students understand deeper about the concept one of the learning methods used is guided discovery method. By using this method the students are guided to analyze and find the concept independently. If the students already found the concept they will have a good understanding and memory of the formulas than conventionally memorize the materials. different. Therefore it is needed a learning source that can overcome the materials. Module is a kind of learning source that appropriate to overcome the difference of without any competition feelings. Trigonometric instructional module was developed by using English language and guided discovery method. On the validation process the mathematics lecturer two mathematics teachers and seven students were chosen as the users. Based on the data analysis it is stated that the trigonometric module is valid and can be used as an alternative learning source. This module can be used to help the students find the trigonometric concept independently. For the teacher this module is used as one of supporting media in learning process. While for the further researchers this study can be used as an inspiration or reference to develop better learning media of the other mathematics materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item View Item