Perbedaan tingkat resiliensi remaja yang tidak aktif mengikuti organisasi di SMP NEGERI 20 Malang / Siti Saringatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat resiliensi remaja yang tidak aktif mengikuti organisasi di SMP NEGERI 20 Malang / Siti Saringatun

Saringatun, Siti (2010) Perbedaan tingkat resiliensi remaja yang tidak aktif mengikuti organisasi di SMP NEGERI 20 Malang / Siti Saringatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saringatun Siti. 2009. Perbedaan Tingkat Resiliensi Remaja yang Aktif Mengikuti Organisasi dan Remaja yang Tidak Aktif Mengikuti Organisasi di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen.M.Pd (II) Drs. Harmiyanto. Kata Kunci resiliensi berorganisasi bimbingan dan konseling Pada dasarnya setiap individu memiliki kapasitas atau kemampuan yang berbeda. Kapasitas atau kemampuan tersebut bisa juga disebut dengan resiliensi. Resiliensi setiap individu juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Tingkat resiliensi adalah tingkat kemampuan atau kapasitas yang dimiliki oleh seseorang atau individu yang memungkinkannya untuk menghadapi mencegah meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak-dampak yang merugikan dari kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan untuk diubah menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Jumlah responden sebanyak 416 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dianalisis dengan teknik persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali (81 82 %) siswa yang aktif mengikuti organisasi memiliki tingkat resiliensi yang tinggi dan sedikit sekali (18 18 %) yang memiliki tingkat resiliensi yang sedang. Adapun siswa yang tidak aktif mengikuti organisasi terdapat banyak sekali (83 54 %) siswa memiliki tingkat resiliensi yang sedang dan sedikit (14 02%) yang memiliki tingkat resiliensi yang tinggi dan sedikit sekali (2 44 %) siswa yang tidak mengikuti organisasi memiliki tingkat resiliensi yang rendah. Dari hasil pengujian hipotesis (uji-t) didapat nilai p (0 000)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item