Persepsi guru terhadap strategi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP Katolik se-kota Malang / Elisabeth Mayonista - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap strategi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP Katolik se-kota Malang / Elisabeth Mayonista

Mayonista, Elisabeth (2011) Persepsi guru terhadap strategi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP Katolik se-kota Malang / Elisabeth Mayonista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi strategi pembelajaran KTSP KTSP merupakan paradigma baru dalam pengembangan kurikulum yang memiliki otonomi luas pada setiap satuan pendidikan dan pelibatan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses belajar-mengajar di sekolah.Otonomi diberikan agar setiap satuan pendidikan dan sekolah memiliki keleluasaan dalam megelola sumber daya sumber dana sumber belajar dan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan serta lebih tanggap terhadap kebutuhan setempat.Peningkatan mutu pendidikan dapat kita lakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran.Dalam pembelajaran.strategi pembelajaran adalah seperangkat tindakan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mencapai tujuan belajarnya.Strategi pembelajaran yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman guru mengenai pengembangan silabus pengembangan RPP pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan kegiatan evaluasi pembelajaran berdasarkan KTSP. Persepsi adalah suatu pesan aktifitas seseorang dalam memberikan kesan penilaian pendapat merasakan dan menginterpretasikan sesuatu berdasarkan informasi yang ditampilkan dari sumber lain yang dipersepsi.Dasar guru berpersepsi karena guru telah mengenal KTSP sehinngga peneliti berinisiatif untuk meneliti persepsi guru mengenai KTSP.Setiap guru mempunyai reaksi atau pandangan yang berbeda terhadap perbaikan kurikulum pandangan itulah yang dimaksud dengan persepsi guru tentang kurikulum dalam hal ini perbaikan kurikulum lama menjadi kurikulum baru maka persepsi guru terhadap kurikulum akan menentukan berhasil tidaknya guru mengimplementasikan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi guru dalam mengembangan silabus berdasarkan KTSP (2) persepsi guru dalam mengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan KTSP (3) persepsi guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran berdasarkan KTSP Di SMP katolik Se-Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif .yang membahas tentang Persepsi Guru Terhadap Strategi Pembelajaran Dalam Pelaksanaan KTSP Di SMP Katolik Se-Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket.Teknik analis yang digunakan adalah persentase.Dalam penelitian ini guru yang dijadikan responden penelitian adalah guru yang mengajar Di SMP Katolik Se-Kota Malang dengan populasi berjumlah 189 orang. Sedangkan sampelnya adalah 83 orang guru yang meliputi SMPK St.Yusup 2 SMPK Frateran Celakat 21 SMPK Mardy Wiyata dan SMPK Sang Tmur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagaian besar guru (54 4%) persepsinya cukup baik terhadap pengembanagn silabus berdasarkan prinsip pengembangan peran dan tanggung jawab guru dan prosedur pengembangan silabus KTSP (2) Sebagian besar guru (57 1%) persepsinya baik dalam membuat RPP mulai dari prinsip pengembangan RPP cara mengembangakan RPP sampai pada kinerja guru dalam mengembangkan RPP hampir semuanya sudah sesuai dengan tuntutan yang ada dalam KTSP (3)Hampir seluruh guru (84 3%) persepsinya baik dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berdasarkan KTSP. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) bagi Diknas disarankan untuk melihat kondidsi di lapangan bahwa ada sebagaian kecil guru masih kurang paham dengan KTSP maka perlu adanya penelitiantindak lanjut dari pemerintah introspeksi dengan kebijakan yang telah dibuat untuk memantau hasil dari penerapan KTSP di lapangan dan kemudian memberikan solusi atas kendala yang ditemukan. Memperhatikan kesejahtraan guru sebagai motivasi bagi mereka agar bisa memberikan respon positif terhadap perubahan kurikulum yang ada. Selain itu diharapkan agar pemerintah memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di masing-masing sekolah agar sekolah bisa menenuaikan tuntutan-tuntutan KTSP secara maksimal (2) bagi Kepala sekolah disarankan untuk selalu memperhatikan keadaan guru dilapangan berkaitan dengan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan KTSP walaupun sebagian besar guru persepsinya baik dan sudah bisa menerapkan KTSP. Kepala sekolah harus bisa menjadi mediasi antara pihak sekolah dengan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas guru dan kualitas Pendidikan di Sekolah yang bersangkutan (3) bagi peneliti lain yang menginginkan penelitian yang sama disarankan untuk melakukan observasi langsung pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item