Ranifendi, Erlinda Dwi Tugas (2012) Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Atap Merjosari Malang yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe tai ( Team-assisted-individualization ) dengan pembelajaran konvensional / Erlinda Dwi Tugas Ranifendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran kooperatif tipe TAI pembelajaran konvensional Hasil Belajar Matematika Model pembelajaran yang berkembang saat ini mengacu pada pembelajaran konstruktivis yang menekankan bahwa siswa tidak hanya menerima begitu saja pengetahuan tetapi mereka harus aktif membangun pengetahuan secara individu yang telah banyak diterapkan diantaranya adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Atap Merjosari Malang masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan hanya menggunakan text book. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar yang didapat siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Atap Merjosari Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Merjosari Malang. Data kemampuan awal diperoleh dari nilai ulangan materi sebelumnnya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji t data hasil belajar matematika diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam hal ini pengujian tersebut menggunakan Minitab 13.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Merjosari Malang tahun ajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran pada sub pokok gradien garis. Hal ini dibuktikan oleh uji hipotesis untuk tes hasil belajar gradien garis kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh P-Value 0 032. P-Value kurang dari 0 05 maka H0 ditolak atau dengan kata lain rata-rata hasil belajar gradien garis kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar gradien garis kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17099 |
Actions (login required)
View Item |