Penerapan algoritma hierarcial chinese postman problem untuk memperoleh tour euler minimal / Nur Shofiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma hierarcial chinese postman problem untuk memperoleh tour euler minimal / Nur Shofiyati

Shofiyati, Nur (2012) Penerapan algoritma hierarcial chinese postman problem untuk memperoleh tour euler minimal / Nur Shofiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Algoritma Hierarcial Chinese Postman Problem Matching Minimum Sempurna Lintasan Terpendek Teori graph merupakan salah satu kajian yang ada dalam matematika. Graph digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Dengan cara memodelkan masalah yang ada dalam bentuk graph akan lebih mudah dianalisa. Penerapan Graph dalam kehidupan sehari hari diantaranya adalah menentukan jarak tempuh minimum dari tukang pos yang melewati semua jalan yang ada dan kembali ke tempat semula yang dikenal dengan Hierarcial Chinese Postman Problem (HCPP). HCPP adalah masalah jarak tempuh minimal tukang pos dengan terdapat beberapa sisi yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Pada skripsi ini dibahas penerapan algoritma Hierarcial Chinese Postman Problem untuk memperoleh tour minimal. Graph awal yang diberikan berupa graph sederhana dengan bobot bisa berupa jarak atau waktu beberapa sisi dapat digolongkan dalam prioritas-prioritas. Kemudian graph tersebut ditransformasi menjadi graph dan ditentukan minimum perfect matching pada titik berderajat ganjil untuk mengisi bobot sisi-sisi graph ditentukan lintasan terpendek pada . Dan akhirnya ditentukan hubungan sisi graph pada lintasan terpendek dengan graph . Misalkan diketahui pada graph dengan 6 titik yaitu d dan . dimana terdapat sisi . Dengan order linier dan Maka dengan menerapkan algortima HCPP diperoleh tour minimal dengan total bobot 67 melalui .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17095

Actions (login required)

View Item View Item