Rahayu, Eka Nastiti (2012) Rantai markov dan analisis biplot terhadap perilaku konsumen kartu seluler mahasiswa di jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang / Eka Nastiti Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
kata kunci Rantai Markov Analisis Biplot Perpindahan Merek Persepsi Konsumen Kartu Seluler Perpindahan merek kartu seluler akibat persaingan antar provider kartu seluler di pasar sering kali terjadi salah satu penyebabnya adalah persepsi konsumen yang merasa terpenuhi kebutuhannya dalam komunikasi dengan menggunakan kartu seluler lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi perpindahan dan pangsa pasar kartu seluler di waktu yang akan datang serta mengetahui persepsi konsumen/pengguna kartu seluler terhadap atribut-atribut kartu seluler. Perpindahan merek dan pangsa pasar dianalisis menggunakan Rantai Markov serta persepsi pengguna/konsumen kartu seluler terhadap atribut-atribut kartu seluler dianalisis menggunakan Metode Biplot. Pada penelitian ini data yang digunakan berupa data perpindahan merek dan persepsi terhadap atribut-atribut kartu seluler. Kartu seluler yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu seluler GSM yang digunakan oleh mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang yaitu Simpati As IM3 Mentari XL Three dan Axis. Sedangkan atribut-atribut kartu seluler yang digunakan yaitu harga paket perdana harga voucher pulsa harga sesuai daya beli tarif telepon murah tarif sms murah kinerja tinggi tampilan memenuhi standar internasional estetika kualitas terbaik manfaat sesuai harapan merek terkenal mencerminkan budaya masa kini jangkauan luas (menerima panggilan lokal) bebas roaming kelengkapan layanan waktu aktif dan tenggang sesuai harapan promo atau diskon menarik dan iklan. Pangsa pasar dikuasai oleh kartu seluler IM3. Hal ini tercermin dari besarnya pangsa pasar IM3 dibanding kartu seluler yang lain baik sebelum maupun setelah terjadi perpindahan merek. Peluang transisi yang besar dari kartu seluler Simpati As XL Three ke IM3 dan memiliki keunggulan atribut yang hampir sama hal ini menunjukkan bahwa kartu-kartu seluler tersebut dapat saling menggantikan. Begitu pula dengan kartu seluler Mentari dari peluang transisi yang yang menyebabkan turunnya jumlah konsumen menunjukkan bahwa atribut-atribut dari Mentari tidak berpengaruh besar terhadap konsumen. Pada periode yang akan datang Axis akan diperkirakan kehilangan pangsa pasar dan dilihat dari posisinya pada gambar juga tidak baik dan letaknya berlawanan dari sebagian besar atribut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |