Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga kelas X SMA Negeri 7 Malang / Anastasia Putri Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga kelas X SMA Negeri 7 Malang / Anastasia Putri Andini

Andini, Anastasia Putri (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga kelas X SMA Negeri 7 Malang / Anastasia Putri Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Inkuiri Terbimbing Hasil Belajar Berdasarkan wawancara dengan guru kelas X di SMA Negeri 7 Malang materi kelas X semester genap yang sulit untuk ditangkap oleh siswa kelas X adalah materi dimensi tiga karena siswa kelas X tergolong siswa peralihan dari daya pikir konkrit menuju daya pikir secara abstrak. Jika pada SMP mereka menggunakan benda bangun ruang secara konkrit maka di SMA mereka sudah harus membayangkan secara abstrak. Oleh karena itu nilai pada materi dimensi tiga lebih sulit mencapai standar ketuntasan minimal (SKM). Hal ini disebabkan karena siswa kurang menguasai konsep karena harus menggunakan daya imajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)-inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2011. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa (39 39 %) yang memenuhi SKM dari 33 siswa sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa (72 22 %) yang memenuhi SKM dari 36 siswa. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 32 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)-inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 7 Malang pada materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17083

Actions (login required)

View Item View Item