Penerapan model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Batu / Anik Zumratul Fahilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Batu / Anik Zumratul Fahilah

Falihah, Anik Zumratul (2011) Penerapan model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Batu / Anik Zumratul Fahilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model pembelajaran konstruktivistik mind mapping kemampuan komunikasi matematika. Paradigma baru pendidikan sekarang ini lebih menekankan pada peserta didik sebagai manusia yang memiliki potensi untuk belajar dan berkembang. Tugas dan peran guru sebagai pendidik tidak lagi sebagai pemberi informasi melainkan sebagai pendorong belajar agar siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui berbagai aktivitas. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dapat dilakukan dengan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Dalam hal ini perlu dirancang suatu pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya sehingga siswa lebih memahami konsep yang diajarkan serta mampu mengkomunikasikan pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Batu. Dalam pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping ini pada kegiatan inti diterapkan tiga tahapan pembelajaran konstruktivistik dan pada kegiatan akhir siswa diberikan kesempatan untuk membuat catatan dengan metode pencatatan mind mapping. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematika siswa yang diteliti pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa secara tertulis dan lisan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa pada pre test masih ada 3 13% siswa yang mencapai kriteria sangat kurang baik dan 37 5% siswa masih mencapai kriteria kurang baik. Pada post test siklus I masih ada 9 38% siswa yang mencapai kriteria kurang baik. Pada post test siklus II 100% siswa telah memenuhi taraf keberhasilan yaitu minimal kriteria yang dicapai siswa adalah cukup baik. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi lisan pada siklus I S1 mencapai kriteria sangat baik S2 mencapai kriteria cukup baik dan S3 masih mencapai kriteria kurang baik. Sedangkan pada siklus II S1 mencapai kriteria sangat baik S2 dan S3 mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konstruktivistik dengan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17079

Actions (login required)

View Item View Item