Aplikasi segitiga bola untuk pembuatan program arah kiblat / Rukti Hidayah Cahya Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi segitiga bola untuk pembuatan program arah kiblat / Rukti Hidayah Cahya Utami

Utami, Rukti Hidayah Cahya (2011) Aplikasi segitiga bola untuk pembuatan program arah kiblat / Rukti Hidayah Cahya Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Program segitiga bola Arah Kiblat. Awal tahun 2010 publik ramai membicarakan perubahan arah kiblat dikarenakan pergeseran lempeng bumi akibat gempa bumi. Perubahan arah kiblat tersebut dibantah oleh ahli astronomi dari LAPAN. Arah kiblat dapat ditentukan dengan ijtihad menggunakan istiwa utama. Penggunaan peristiwa istiwa utama memiliki beberapa kendala diantaranya hanya ada dua hari dalam satu tahun yang dapat melihat peristiwa istiwa utama dan tidak semua tempat terkena sinar matahari saat peristiwa istiwa utama. Segitiga bola cara efektif untuk menentukan arah kiblat karena dapat digunakan setiap waktu kemudian hasilnya dapat dicocokan dengan peristiwa istiwa utama. Pada skripsi ini akan dibahas tentang segitiga bola dan aturannya yang digunakan untuk menentukan arah kiblat suatu kota. Yaitu dengan menggunakan aturan kotangen segitiga bola. Rumus kotangen segitiga bola yang digunakan adalah cot B sin 8289 12310 b cot 8289 a 12311 /sin 8289 C - cos b cot C. B adalah sudut posisi tempat yang akan dicari arah kiblatnya a adalah panjang garis busur dari kutub utara sampai dengan kota Mekkah b adalah panjang garis busur dari kutub utara sampai dengan kota yang akan dihitung dan C adalah selisih busur kota Mekkah dengan kota yang akan dihitung. Selanjutnya dari rumus arah kiblat itu dibuat program penentuan arah kiblat. Tepatnya untuk mendapatkan arah kiblat suatu kota tertentu dapat ditentukan dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur. Adapun program pendukung yang digunakan dalam pembuatan program adalah Javascript. Setelah hasil perhitungan dari program diperoleh langkah selanjutnya adalah mencocokkan dengan manual dan peristiwa istiwa utama jadi arah kiblat dari suatu tempat tidak berubah selama garis lintang dan garis bujurnya tidak berubah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17078

Actions (login required)

View Item View Item