Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi turunan SMA kelas XI IPA / Ifhnani Rizeky Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi turunan SMA kelas XI IPA / Ifhnani Rizeky Amalia

Amalia, Ifhnani Rizeky (2011) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi turunan SMA kelas XI IPA / Ifhnani Rizeky Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media media pembelajaran interaktif pembelajaran interaktif berbantuan komputer turunan. Salah satu topik matematika yang kurang dipahami oleh siswa SMA khususnya siswa kelas XI dan XII IPA adalah turunan (differential). Pada materi turunan siswa cenderung hanya menghafalkan rumus dari turunan kemudian mencoba latihan soal. Hal ini akan menghambat kemampuan siswa memahami materi secara konstruktivis. Oleh karena itu perlu dibuat suatu alternatif agar pembelajaran materi turunan tidak hanya dengan menghafal dan latihan soal. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk (software) multimedia pembelajaran interaktif yang berkualitas (valid) dalam materi Turunan untuk siswa kelas XI IPA SMA. Model pengembangan media/desain media pembelajaran komputer ini merujuk pada model pengembangan media menurut Alessi dan Trolip (1991 245-248) yang meliputi (1) menentukan kebutuhan dan tujuan (2) mengumpulkan sumber (3) mempelajari materi (4) menghasilkan gagasan (5) mendesain pembelajaran (6) membuat flowchart (7) membuat storyboard secara tertulis (8) memprogram materi (9) membuat materi pendukung (10) mengevaluasi dan meninjau kembali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berbentuk kuantitatif yang diubah menjadi bentuk kualitatif. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan cara deskriptif kualitatif persentase. Data hasil analisis yang diperoleh menggambarkan apakah media yang dikembangkan telah valid dan layak pakai. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket/kuisioner berisikan aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam media. Lembar validasi tersebut ditujukan untuk ahli materi ahli media dan subjek uji coba. Hasil analisis adalah sebagai berikut. Analisis validitas oleh ahli materi menghasilkan skor akhir P 85 83% yang menunjukkan bahwa dari segi materi telah valid. Analisis validitas oleh ahli media menghasilkan skor akhir P 82 29% yang menunjukkan bahwa dari segi materi media telah valid. Hasil angket uji coba oleh ahli siswa menghasilkan skor akhir P 81 55% yang menunjukkan bahwa dari media telah layak digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah diharapkan selanjutnya akan ada penelitian dan pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran interaktif seperti penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan penggunaan DifPlet dalam pembelajaran yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17070

Actions (login required)

View Item View Item