Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011 / Rudy Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011 / Rudy Setiawan

Setiawan, Rudy (2011) Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011 / Rudy Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci advance organizer hasil belajar Berdasarkan observasi awal dan wawancara tak terstruktur yang dilakukan dengan guru Matematika kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tumpang diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru dan siswa masih pasif. Siswa cenderung kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika siswa cenderung menghafal konsep-konsep matematika dan hasil belajar matematika yang diperoleh rendah. Solusi untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan pembelajaran model advance organizer. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tumpang dengan subjek siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tahapan pembelajaran guru dan siswa lembar pretes lembar tes akhir siklus dan catatan lapangan sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan setiap kali tindakan dalam satu siklus berakhir. Tahapan dari pembelajaran model advance organizer adalah meliputi tiga fase yaitu penyajian advance organizer fase penyajian materi belajar dan fase penguatan struktur kognitif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian yang diperoleh adalah meningkatnya hasil belajar materi turunan. Dilihat dari perbandingan hasil pretes rata-rata skor siswa 67 21 dan jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 80 adalah 26 47%. Hasil tes akhir siklus I rata-rata skor siswa 72 5 dan jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 80 adalah 44 12%. Hasil tes akhir siklus II rata-rata skor siswa 85 29 dan jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 80 adalah 70 59%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar materi turunan pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item