Apriliana, Neni (2011) Penerapan model pembelajaran problem posing dengan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pandaan / Neni Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci problem posing NHT kreativitas Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Pandaan diketahui bahwa siswa kurang mandiri dalam belajar. Hal ini terlihat jika guru belum datang siswa tidak berinisiatif untuk belajar sendiri bersama temannya tetapi mereka justru ramai dan bercanda dengan teman-temannya bahkan ada yang masih berada diluar kelas untuk bermain sepakbola. Sebagai tambahan diperoleh bahwa tingkat kreativitas siswa dalam menyelesaikan pertanyaan cenderung berada pada kelompok kurang kreatif . Hal ini dapat dilihat pada hasil pretest hanya 11 36% dari 44 siswa yang berada pada kategori kreativitas cukup kreatif sementara sisanya yaitu 88 63% berada pada kategori kreativitas kurang kreatif dan tidak kreatif . Oleh karena itu perlu diterapkan pembelajaran yang dapat memperbaiki persepsi siswa tentang matematika sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan dengan cara yang kreatif dan hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi lebih baik. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang tidak rutin adalah pembelajaran NHT dengan pendekatan problem posing yaitu pembelajaran problem posing dengan NHT. Pada pembelajaran ini langkah pembelajaran sebagai berikut (1) siswa dibagi ke dalam kelompok kecil secara heterogen berdasarkan kemampuan dan pemberian nomor pada masing-masing anggotanya (2) guru membagikan lembar kerja siswa untuk didiskusikan dalam berkelompok (3) guru memanggil nomor siswa untuk menunjukkan hasil kerjanya di kelas (4) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun pertanyaan sekaligus menyelesaikannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memuat empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2011. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pandaan dengan banyak siswa 44. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing dengan NHT dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pandaan. Persentase kreativitas siswa secara klasikal pada kategori kreativitas minimal cukup kreatif pada siklus I adalah 36 37% dan meningkat pada siklus II menjadi 75%. Karena lebih dari 70% siswa berada pada kategori kreativitas minimal cukup kreatif sehingga siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pandaan dapat dikatakan kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17066 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |