Nilai sekarang (present value) anuitas awal dari anuitas hidup berubah pembayaran K kali dalam setahun / Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai sekarang (present value) anuitas awal dari anuitas hidup berubah pembayaran K kali dalam setahun / Samsul Arifin

Arifin, Samsul (2011) Nilai sekarang (present value) anuitas awal dari anuitas hidup berubah pembayaran K kali dalam setahun / Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Anuitas Hidup Pembayaran Berubah Periode beberapa kali dalam Setahun. Anuitas hidup adalah serangkaian pembayaran yang dilakukan secara berkala/periodik dimana setiap pembayaran akan dilakukan sampai dengan akhir dari masa pembayaran (jatuh tempo) selama masih hidup. Konsep anuitas dapat dimulai dengan ketersedian sejumlah dana yang digunakan untuk membayar angsuran dalam suatu jangka waktu sampai dana tersebut habis. Namun pembayaran anuitas yang biasanya tahunan dengan jumlah pembayaran tetap adalah hal yang biasa. Oleh karena itu pembayaran anuitas dilakukan dengan beberapa kali pembayaran dalam satu tahun dengan jumlah uang yang dibayarkan dalam setiap periodenya berubah. Pembayaran anuitas yang seperti ini bisa dijadikan pilihan bagi para anuitan dalam memilih model pembayaran anuitas. Periode yang digunakan bisa semesteran quartalan bulanan bahkan mingguan. Dalam tugas akhir ini akan dibahas tentang pencarian penaksiran nilai sekarang anuitas hidup yang dibayarkan diawal periode dengan jumlah pembayaran setiap periodenya berubah dan dilakukan beberapa kali dalam setahun. Cara mencari nilai sekarang anuitas awal dari anuitas hidup berubah pembayaran k kali dalam setahun adalah dengan menambahkan h (satuan uang) pada anuitas hidup (tetap) pembayaran k kali dalam setahun pada setiap periode pembayaran. Sehingga diperoleh dua sigma fungsi dan kemudian sigma fungsi yang diperoleh untuk menaksirkanya dilakukan pendekatan polinomial pangkat tiga (interpolasi hermite). Dengan menjumlahkan hasil penaksiran masingmasing rumus sigma diperoleh penaksiran nilai sekarang anuitas hidup berubah pembayaran di awal periode dengan pembayaran k kali dalam setahun. Model dari anuitas hidup (berubah) pembayaran k kali dalam setahun mempunyai perbedaan dengan anuitas hidup (tentu) pembayaran k kali dalam setahun. Dan perbedaanya terletak pada jumlah uang yang dibayarkan pada setiap periodenya. Pada anuitas hidup pembayaran berubah jumlah uang yang dibayarkan dalam setiap periode pembayaran akan bertambah sebesar h (satuan uang ) yang berarti terjadi peningkatan jumlah uang yang dibayarkan dalam setiap periode pembayaran. Hal ini bisa dikatakan juga sebagai anuitas hidup yang berubah secara meningkat (Increasing Annuity).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item View Item