Analisis kelompok (cluster analysis) metode hirarki untuk pengelompokan kecamatan di Kabupaten Malang berdasarkan indikator pemerataan pendidikan / Ahmad Jauhar Anam

Anam, Ahmad Jauhar (2011) Analisis kelompok (cluster analysis) metode hirarki untuk pengelompokan kecamatan di Kabupaten Malang berdasarkan indikator pemerataan pendidikan / Ahmad Jauhar Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: otonomi daerah, pengelompokan, analisis kelompok, metode hirarki,indeks RMSSTD ( root-mean-square standard deviation) Dengan diberlakukannya otonomi daerah, yaitu dengan diterapkannya UU No. 22 Tahun 1999 yang kemudian disempurnakan dengan UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Pada bidang pendidikan perubahan itu terjadi pada bidang pengelolaan dari sentralisasi menjadi desentralisasi, dimana daerah diberi keleluasaan untuk menyelenggarakan pendidikan dan mengelola faktor-faktor pendukungnya. Dalam hal memenuhi salah satu arah kebijakan pendidikan nasional yaitu perluasan dan pemerataan pendidikan, maka dalam menyusun perencanaan pendidikan, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota memerlukan informasi mengenai kondisi pendidikan di wilayahnya, tidak terkecuali oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Untuk mengetahui informasi mengenai pemerataan pendidikan di 33 Kecamatan di Kabupaten Malang, maka perlu digunakan suatu metode pengelompokkan. Pada Penelitian ini, metode pengelompokan yang akan diimplementasikan pada kasus pengelompokan 33 Kecamatan di Kabupaten Malang berdasarkan indikator pemerataan pendidikan adalah analisis kelompok (cluster analysis) dengan menggunakan 5 metode hirarki. Analisis kelompok atau biasa dikenal sebagai cluster analysis adalah salah satu teknik statistik yang bertujuan untuk mengelompokkan objek kedalam suatu kelompok sedemikian sehingga objek yang berada dalam satu kelompok akan memiliki kesamaan yang tinggi dibandingkan dengan objek yang berada di kelompok lain Indeks validitas yang digunakan untuk mengetahui jumlah kelompok (cluster) optimum dan metode terbaik adalah Indeks RMSSTD (root-mean-square standard deviation). Berdasarkan indeks RMSSTD yang minimum yaitu sebesar 89,694, metode single linkage, complete linkage, average linkage dan centroid dengan jumlah kelompok sama dengan 2 adalah metode terbaik untuk jenjang SD dan sederajat. Sedangkan untuk jenjang SMP dan sederajat, metode ward dengan jumlah kelompok sama dengan 7 adalah metode terbaik dengan nilai RMSSTD sebesar 3,659. Metode complete linkage dengan jumlah kelompok sama dengan 9 adalah metode terbaik untuk jenjang SMA dan sederajat dengan nilai RMSSTD sebesar 2,074.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item