Upaya meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A SMPN Satu Atap Merjosari Malang / Ermawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A SMPN Satu Atap Merjosari Malang / Ermawati

Ermawati (2011) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A SMPN Satu Atap Merjosari Malang / Ermawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe TPS kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir siswa kelas VIII-A SMPN Satu Atap Merjosari Malang masih tergolong rendah. Hal itu terbukti dari observasi yang peneliti lakukan hanya 20% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Ini mungkin disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode ceramah. Hal itu menyebabkan siswa belum terbiasa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya serta menyampaikan idenya baik dengan guru maupun siswa lain. Terkait dengan itu perlu dirancang suatu pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya sehingga siswa lebih memahami konsep yang diajarkan serta mampu menyampaikan pemikirannya baik dengan guru maupun teman. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilakukan di SMPN Satu Atap Merjosari Malang pada bulan September sampai November 2010 yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap pratindakan dan tahap tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 30 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir siswa adalah LKS dan tes di akhir siklus yang berupa soal matematika dengan tingkat kognitif taksonomi Bloom C1- C4. Pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir terdiri dari 3 tahap utama yaitu (1) Tahap Think siswa menerima permasalahan menuliskan jawaban dan mengumpulkan lembar jawaban individu pada guru (2) Tahap Pair siswa berdiskusi dengan pasangannya menuliskan hasil diskusi serta mengumpulkan lembar jawaban pasangan pada guru. Permasalahan yang diberikan pada tahap think dan pair adalah sama dan terdapat pada tagihan LKS (3) Tahap Share siswa menyampaikan hasil diskusi ke seluruh kelas dan siswa lain menanggapi hasil diskusi. Guru memberikan evaluasi tentang hasil diskusi kelompok. Kemampuan berpikir siswa setelah dilakukan tindakan siklus I masih tergolong rendah yaitu pada tahap think sebesar 63 695% dan tahap pair sebesar 73 33% serta 19 siswa (63 33%) memperoleh nilai minimal 75 melalui tes 1. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan siklus II kemampuan berpikir siswa pada tahap think sebesar 76 785%dan tahap pair sebesar 82 735% serta 25 siswa (83 67%) memperoleh nilai minimal 75 melalui tes 2. Kemampuan berpikir siswa di siklus II mengalami peningkatan dibanding siklus I Selain itu tingkat kognitif dari siklus I ke siklus II melalui tes juga meningkat. Peningkatan tingkat kognitif C1(pengetahuan) sebesar 17 03% C2(pemahaman) sebesar 9 48% C3(aplikasi) sebesar 0 7% dan C4(analisis) sebesar 14 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item