Penerapan algoritma backtracking untuk menyelesaikan masalah knight's tour menggunakan Borland Delphi / Farid Ahmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma backtracking untuk menyelesaikan masalah knight's tour menggunakan Borland Delphi / Farid Ahmadi

Ahmadi, Farid (2011) Penerapan algoritma backtracking untuk menyelesaikan masalah knight's tour menggunakan Borland Delphi / Farid Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci catur knight s tour algoritma backtracking flowchart Borland Delphi Catur merupakan suatu permainan yang unik dan membutuhkan logika berfikir tinggi. Dalam permainan catur terdapat beberapa bidak. Kuda (knight) merupakan bidak yang mempunyai langkah yang unik yaitu membentuk huruf L. Dari langkah kuda yang unik dapat dikembangkan permainan knight s tour. Dalam permainan ini kuda dituntut untuk melewati semua persegi dari papan catur tanpa melewati persegi yang telah dilewati. Algoritma backtracking merupakan salah satu algoritma yang dapat dipakai untuk menyelesaikan permasalahan ini. Permasalahan ini dapat juga diselesaikan dengan membuat suatu aplikasi pada komputer. Dengan memanfaatkan Borland Delphi dapat dibuat suatu aplikasi sederhana yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah membuat program knight s tour menggunakan algoritma backtracking dan menerapkannya pada Borland Delphi. Software yang digunakan dalam pembuatan program ini adalah Borland Delphi 7. Pembuatan program dengan langkah studi literatur perencanaan dasar perancangan dasar dan hasil program. Dalam pembuatan program tersebut dibuat suatu diagram alir (flowchart) untuk mempermudah dalam pembuatan program.. Dari pembahasan ini menghasilkan program untuk mencari solusi masalah knight s tour yang terdiri dari knight s tour terbuka dan knight s tour tertutup. Program ini dapat digunakan untuk mencari solusi dari masalah knight s tour pada papan berbentuk persegi dan persegi panjang. Solusi yang diperoleh dari program ini ditampilkan dalam bentuk urutan secara tertulis urutan langkah dalam bentuk papan dan dalam bentuk gambar. Program tersebut telah diuji coba menggunakan komputer dengan spesifikasi prosessor Intel Core2 duo 2 1 GHz memory 2 GB dan hard disk 250 GB. Papan terkecil yang mempunyai solusi dari knight s tour terbuka adalah papan berukuran 3 x 4 sedangkan papan terkecil yang mempunyai solusi knight s tour tertutup adalah papan berukuran 6 x 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17046

Actions (login required)

View Item View Item