Penerapan pembelajaran problem solving model Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalirejo 01 Lawang / Sofie Marwia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem solving model Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalirejo 01 Lawang / Sofie Marwia

Marwia, Sofie (2011) Penerapan pembelajaran problem solving model Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalirejo 01 Lawang / Sofie Marwia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem solving model Polya hasil belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 6 dan 7 Desember 2010 hasil belajar siswa kelas V SDN Kalirejo 01 Lawang masih kurang khususnya jika diberikan soal yang termasuk ke dalam kategori problem solving. Siswa yang tuntas belajar hanya 47 73 %. Hal itu disebabkan karena siswa kurang mengerti bahasa soal dengan kata lain kemampuan siswa dalam memahami masalah masih kurang. Pembelajaran problem solving model Polya yang terdiri dari empat langkah Polya memudahkan siswa untuk menyelesaikan suatu masalah (soal) yang diberikan dengan lebih baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji mengenai pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran problem solving model Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalirejo 01 Lawang pada bulan Desember 2010 dengan rancangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Kegiatan kegiatan yang dilakukan pada masing-masing siklus meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kalirejo 01 Lawang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes di akhir siklus yang berupa soal problem solving. Pembelajaran problem solving model Polya dilaksanakan dengan (1) pembentukan kelompok masing-masing beranggotakan 2 orang (2) Langkah memahami masalah siswa membaca permasalahan (soal) mengenai luas trapesium dan layang-layang menuliskan yang diketahui dan ditanyakan (3) Langkah merencanakan penyelesaian siswa memilih strategi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan dengan bimbingan dari guru (4) Langkah menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi yang telah ditentukan pada langkah merencanakan penyelesaian (4) Langkah pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan siswa memeriksa kebenaran cara dan hasil perhitungan langkah perlangkah dan guru menanyakan adanya kemungkinan cara lain siswa membuat kesimpulan. Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 61 7 dengan ketuntasan belajar 75%. Setelah siklus II menjadi 67 2 dengan ketuntasan belajar sebesar 81 8%. Pembelajaran problem solving model Polya memberikan hasil yang positif bagi peningkatan hasil belajar siswa sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran di sekolah dengan materi dan soal problem solving yang lebih bervariasi dan perencanaan waktu yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item