Ratnani, Alita Septi (2010) Penyusunan modul pembelajaran berdasarkan strategi relating, experiencing, applying dan transfering (Reat) pada materi luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII / Alita Septi Ratnani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci modul luas permukaan volum strategi REAT. Matematika merupakan mata pelajaran yang universal dan penting. Ironisnya mata pelajaran yang begitu penting untuk kita pelajari justru menakutkan bagi sebagian besar pelajar. Mereka mengeluhkan bahwa belajar matematika berarti harus menghafal rumus. Padahal untuk menguasai materi luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar siswa harus menguasai materi tentang bangun datar. Modul ini bertujuan agar siswa memahami rumus luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar sekaligus menumbuhkan kemampuan siswa untuk aspek relating experiencing applying dan transferring terhadap rumus matematika. Sehingga siswa tidak cenderung menghafal rumus. Kegiatan belajar dalam modul ini dikembangkan dengan mengacu pada empat aspek dari strategi REAT. Aspek tersebut antara lain 1. Relating siswa menemukan konsep luas permukaan dan volum dengan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari. 2. Experiencing siswa menemukan rumus luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar melalui rumus/konsep sebelumnya. 3. Applying siswa mampu menggunakan rumus yang diperolehnya dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar. 4. Transferring siswa mampu menyelesaikan permasalahan luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar dengan bentuk yang berbeda. Tahap-tahap yang dilalui dalam menyususn modul ini adalah (1) persiapan (2) penyusunan (3) penilaian dan (4) pembuatan. Penilaian dilakukan melalui proses validasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelayakan modul. Dalam proses validasi ini melibatkan satu orang dosen matematika FMIPA Universitas Negeri Malang satu orang guru matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama dan tiga orang teman sejawat program pendidikan matematika. Hasil dari validasi ini menunjukkan bahwa modul ini valid dan tidak perlu revisi sehingga layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17023 |
Actions (login required)
View Item |