Lembar kerja siswa berbantuan komputer pada materi penyajian data dan ukuran pemusatan untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar / Eka Farida Ariyani

Ariyani, Eka Farida (2010) Lembar kerja siswa berbantuan komputer pada materi penyajian data dan ukuran pemusatan untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar / Eka Farida Ariyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: lembar kerja siswa, komputer, penyajian data, ukuran pemusatan. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pengkonstruksian pengetahuan siswa. Namun, beberapa LKS yang digunakan di sekolah, khususnya pada materi penyajian data dan ukuran pemusatan hanya digunakan untuk melatih ketrampilan saja. Oleh karena itu disusunlah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan komputer yang membantu siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui masalah-masalah konstekstual yang disajikan. Pengembangan LKS berbantuan komputer ini meliputi beberapa tahapan yaitu: (1) identifikasi kebutuhan; (2) spesifikasi tujuan; (3) penyusunan LKS dan media; (4) validasi LKS berbantuan komputer yang terdiri dari validasi ahli materi, ahli media, praktisi, dan siswa; (5) analisis dan revisi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam validasi LKS berbantuan komputer berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang dianalisis dengan persentase. Produk yang dihasilkan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) tertulis dan media pembelajaran Penyajian Data dan Ukuran Pemusatan yang disimpan dalam Compact Disk (CD). LKS berbantuan komputer ini terdiri dari 2 bagian yaitu LKS 1 dan LKS 2. LKS 1 memuat tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram gambar, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. LKS 2 memuat tentang rata-rata hitung (mean), modus, dan median. LKS berbantuan komputer ini dilengkapi dengan latihan soal yang terdiri dari 10 soal mengenai penyajian data dan 10 soal mengenai ukuran pemusatan. Hasil penskoran dari instrumen penilaian yang dilakukan ahli materi dan siswa mencapai nilai masing-masing 91,7% dan 94,5% yang menunjukkan bahwa LKS berbantuan komputer yang disusun bersifat sangat valid dan tidak memerlukan revisi. Hasil penskoran dari instrumen penilaian yang dilakukan ahli media dan guru memperoleh nilai masing-masing 84,4% dan 80,25% yang menunjukkan bahwa LKS berbantuan komputer yang dirancang bersifat valid dan tidak memerlukan revisi. Namun LKS berbantuan komputer ini mengalami revisi berdasarkan saran dari validator yaitu revisi isi materi penyajian data dalam bentuk tabel, isi materi median, serta tentang beberapa tampilan dalam media. Saran pengembangan LKS selanjutnya untuk mengujicobakan LKS berbantuan komputer ini kepada siswa dalam kelompok besar dan menambahkan suara pada LKS berbantuan komputer ini agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item