Kajian metode out-of-kilter pada permasalahan minimum cost flow (MCF) dan penerapannya / Vrida Krisdanar Widorekno - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian metode out-of-kilter pada permasalahan minimum cost flow (MCF) dan penerapannya / Vrida Krisdanar Widorekno

Widorekno, Vrida Krisdanar (2010) Kajian metode out-of-kilter pada permasalahan minimum cost flow (MCF) dan penerapannya / Vrida Krisdanar Widorekno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minimum cost flow Metode Out-of-Kilter Masalah distribusi adalah bagian dari permasalahan penyediaan barang atau jasa dari depot (pusat distribusi) ke customer yang tersebar di berbagai lokasi. Kondisi lokasi customer yang tersebar seringkali menyebabkan kendaraan harus menempuh perjalanan yang jauh dan tidak efisien. Salah satu konsep pada teori graph yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah minimum cost flow (MCF). Tujuan akhir dari permasalahan ini adalah mendapatkan biaya distribusi yang minimum dari suatu komoditas. Salah satu metode yang sudah dibahas dalam permasalahan MCF adalah metode Penghapusan Sikel. Metode ini didasarkan pada kondisi optimal sikel negatif. Metode ini dimulai dengan aliran fisibel dan penambahan berturut-turut sikel negatif dalam jaringan sisaan sampai jaringan sisaan tersebut tidak memuat sikel negatif. Jika jaringan sisaan tersebut sudah tidak memuat sikel negatif maka jaringan sudah optimal. Permasalahan MCF yang dibahas diselesaikan dengan menggunakan metode Out-of-Kilter dan digambarkan dengan suatu digraph. Prinsip metode ini adalah mencari sisi out-of-kilter secara dinamis untuk dibawa ke kondisi in-kilter. Pencarian solusi dimulai dengan fase inisialisasi. Kemudian dilakukan fase primal dan fase dual yang diiterasi beberapa kali sampai didapatkan kondisi optimal. Dalam fase primal dilakukan perubahan aliran pada beberapa sisi dalam jaringan. Sedangkan pada fase dual dilakukan perubahan nilai dual (potensial titik) pada masing-masing titik. Jika dapat ditunjukkan bahwa semua sisi sudah dalam keadaan in-kilter maka diperoleh solusi optimal. Pada metode ini nilai b(i) tidak berpengaruh pada penghitungan. Metode Out-of-Kilter menghasilkan solusi optimal yang tunggal tetapi hanya dapat diterapkan pada jaringan tertutup. Meskipun demikian metode Out-of-Kilter lebih efektif dan mudah untuk diterapkan dalam menentukan minimasi biaya dalam jaringan bermuatan terutama untuk kasus dimana 0)(ib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17011

Actions (login required)

View Item View Item