Pengembangan modul dengan metode penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras / Titin Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dengan metode penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras / Titin Widayanti

Widayanti, Titin (2010) Pengembangan modul dengan metode penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras / Titin Widayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul metode penemuan terbimbing Teorema Pythagoras. Setiap siswa dalam suatu kelas memiliki kemampuan yang beraneka ragam salah satunya adalah kemampuan dalam kecepatan belajar. Siswa dapat berkembang maksimal sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk mempelajari konsep sesuai dengan kecepatan belajarnya. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul. Materi yang dipilih dalam pengembangan modul ini adalah Teorema Pythagoras. Modul ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih mendalami materi tentang Teorema Pythagoras. Dalam pengembangan modul ini diperlukan suatu metode metode yang dipilih adalah penemuan terbimbing karena siswa dapat mengkonstruksi konsep yang dipelajarinya sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam modul ini disesuaikan dengan tahapan pada metode penemuan terbimbing yaitu (1) Siswa mempelajari suatu permasalahan atau menelusuri suatu kejadian yang nantinya permasalahan ataupun kejadian ini akan menjadikannya termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran selanjutnya (2) Siswa mengkategorikan permasalahan dan juga mengorelasikan dengan permasalahan serupa yang telah didapatkan di tahap sebelumnya (3) Siswa menyusun data dalam bentuk daftar atau tabel atau mentabulasi data yang ada (4) Siswa menganalisis data yang terkumpul berdasarkan permasalahan yang diberikan. Jika diperlukan siswa dapat menambah data yang didapatkannya dari serangkaian percobaan (5) Siswa menyimpulkan konsep atau gagasan setelah siswa melalui empat tahapan sebelumnya dan melakukan verbalisasi. Siswa juga mengetes konsep yang telah dikemukakannya melalui soal latihan atau semacamnya. Pengembangan modul dengan metode penemuan terbimbing melalui beberapa tahap yaitu (1) Menentukan Materi (2) Menyusun Kegiatan Belajar (3) Tahap validasi dan revisi. Modul yang telah dihasilkan telah disesuaikan dengan tahapan pada metode penemuan terbimbing. Selanjutnya modul divalidasi oleh seorang dosen Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang serta dua orang guru Matematika SMP. Selain itu modul juga diujicobakan pada 10 orang siswa SMP. Hasilnya modul dinyatakan valid dengan nilai rata-rata hasil validasi 3 27 dari nilai maksimal 4 sehingga modul tidak perlu direvisi. Sedangkan dari hasil uji coba nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3 36 dari nilai maksimal 4 dan modul tidak perlu revisi. Akan tetapi masih diperlukan perbaikan untuk memperoleh bahan ajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17005

Actions (login required)

View Item View Item