Analisis antrian pada loket layanan reguler di Plasa Telkom Blimbing / Billina Scorvianty - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis antrian pada loket layanan reguler di Plasa Telkom Blimbing / Billina Scorvianty

Scorvianty, Billina (2010) Analisis antrian pada loket layanan reguler di Plasa Telkom Blimbing / Billina Scorvianty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Antrian Layanan Reguler Plasa Telkom. Masalah antrian merupakan salah satu hal yang sering kali menjadi keluhan pelanggan. Seperti yang terjadi pada layanan reguler di Plasa Telkom Blimbing. Untuk mengatasi masalah ini dapat digunakan suatu model antrian untuk menganalisa masalah tersebut dengan cara memprediksi beberapa performansi model antrian sehingga dapat memberikan gambaran penyelesaian dan informasi yang diperlukan dalam mengambil keputusan dan kebijaksanaan untuk meningkatkan kualitas layanan agar dapat dicapai kepuasan dan loyalitas konsumen. Masalah yang diamati adalah menentukan model antrian dan pendugaan parameter distribusi untuk memprediksi beberapa performansi model antrian. Variabel yang diamati adalah data waktu antar kedatangan data waktu pelayanan dan jumlah teller. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel data waktu antar kedatangan adalah sampling purposive. Sedangkan pengambilan sampel data waktu pelayanan digunakan metode sampling aksidental. Metode analisis data meliputi pendeteksian distribusi data penentuan model antrian pendugaan parameter distribusi dan penghitungan performansi model antrian. Sistem antrian Multi Channel Single Phase yang digunakan di Plasa Telkom Blimbing diperoleh model antrian (G/G/6) (FCFS/ 8734 / 8734 ). Hasil dari penelitian diperoleh nilai kegunaan server ( 961 ) adalah 0 825 banyak nasabah dalam antrian (Lq) adalah 2 orang banyak nasabah dalam sistem (Ls) adalah 7 orang waktu tunggu dalam antrian (Wq) adalah 153 8 detik atau sekitar 3 menit dan waktu tunggu dalam sistem (Ws) adalah 586 7 detik atau sekitar 10 menit. Perbandingan performansi model antrian hasil simulasi dengan keadaan sebenarnya yang digunakan di Plasa Telkom Blimbing dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan 6 server lebih optimal daripada menggunakan 5 server atau 7 server. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dalam mendeteksi distribusi waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan yang lebih memenuhi sehingga didapatkan model antrian yang lebih sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item