Penerapan think pair (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 18 Malang pada materi segitiga dan segiempat / Mukhamad Choyrul - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan think pair (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 18 Malang pada materi segitiga dan segiempat / Mukhamad Choyrul

Choyrul, Mukhamad (2010) Penerapan think pair (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 18 Malang pada materi segitiga dan segiempat / Mukhamad Choyrul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar. Rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelas VII SMPN 18 Malang disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan selama ini didominasi oleh guru dan tidak berpusat pada siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton pada mata pelajaran matematika dalam kurun waktu lama tersebut membuat siswa merasa bosan dan menyebabkan siswa menjadi malas untuk belajar dari sumber belajar selain guru. Dari pemikiran tersebut maka peneliti bermaksud untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran matematika yakni dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII SMPN 18 Malang serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi segitiga dan segiempat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kuis lembar observasi catatan lapangan pedoman wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran yang merupakan perpaduan antara belajar secara mandiri dan belajar secara berkelompok. Think Pair Share (TPS) memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berpikir secara mandiri berinteraksi dengan pasangan dan mampu mengkomunikasikan apa yang mereka pikirkan. Pembelajaran dengan menggunakan metode ini dapat mengembangkan kecakapan sosial dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I skor rata-rata kelas sebesar 75 25 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82 06% pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 84 29 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 94 87%. Skor rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 4.93 sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 12 81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran matematika melalui TPS dapat digunakan sebagai suatu alternatif pembelajaran. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17000

Actions (login required)

View Item View Item