Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMK Bina Cendika Malang / Muhammad Ihsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMK Bina Cendika Malang / Muhammad Ihsan

Ihsan, Muhammad (2011) Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMK Bina Cendika Malang / Muhammad Ihsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Think Pair Share ( TPS ) Motivasi Hasil Belajar Model Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memberi siswa kesempatan untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain sehingga dapat mendorong siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat serta berinteraksi dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memaparkan penerapan model Think Pair Share dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMK Bina Cendika Malang. (2) memaparkan penerapan model Think Pair Share dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMK Bina Cendika Malang. Hasil penelitian ini penerapan model Think Pair Share adalah sebagai berikut (1) penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari perolehan jumlah siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju penerapan model Think Pair Share mampu meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia lebih banyak dibanding dengan menjawab kurang setuju tidak setuju sangat tidak setuju. (2) pembelajaran dengan implementasi model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Bina Cendika Malang yaitu Berdasarkan data hasil belajar siswa yang diperoleh sebelum diterapkan model pembelajaran Think-Pair-Share adalah 37 8 dengan skor tertinggi 70 dan siswa yang tuntas belajar ( skor 8805 70)sebanyak 3 siswa dan setelah diterapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada siklus pertama rata-rata skor siswa menjadi 46 5 dengan nilai tertinggi 90 dan siswa yang tuntas belajar ( skor 8805 70 ) sebanyak 8 siswa dan terjadi peningkatan hasil belajar hanya 56 5%. Demikian juga dengan Siklus kedua berdasarkan data hasil belajar siswa yang diperoleh sebelum diterapkan model pembelajaran Think-Pair-Share adalah 37 8 dengan skor tertinggi 70 dan siswa yang tuntas belajar ( skor 8805 70 ) sebanyak 3 siswa dan setelah diterapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada siklus kedua rata-rata skor siswa menjadi 76 5 dengan nilai tertinggi 100 dan siswa yang tuntas belajar( skor 8805 70 ) sebanyak 19 siswa dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 91 4%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item