Analisis antrian model multi channnel-single phase pada loket pembayaran hypermart di Malang Town Square (Matos) / Siti Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis antrian model multi channnel-single phase pada loket pembayaran hypermart di Malang Town Square (Matos) / Siti Aisyah

Aisyah, Siti (2010) Analisis antrian model multi channnel-single phase pada loket pembayaran hypermart di Malang Town Square (Matos) / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci antrian loket pembayaran model multi channel single phase. Pada saat ini banyak terdapat pasar baik pasar tradisional maupun pasar modern. Pasar modern antara lain mini market dan supermarket. Salah satu supermarket yang berada di Malang yaitu Hypermart yang tepatnya berada di Malang Town Square (MATOS). Masalah yang sering terjadi pada supermarket dan banyak dikeluhkan para pelanggan adalah antrian pada loket pembayaran atau kasir. Oleh karena hal diatas diperoleh rumusan masalah yaitu bagaimana model antrian Multi Channel - Single Phase yang paling representatif pada loket pembayaran Hypermart Malang Town Square (MATOS) dan bagaimana performansi antrian Multi Channel - Single Phase pada loket pembayaran Hypermart Malang Town Square (MATOS). Terdapat beberapa model antrian yaitu single channel single phase single channel multi phase multi channel single phase dan multi channel multi phase. Menganalisis model antrian bertujuan menentukan ukuran performansi dari model antrian yang diperoleh. Ukuran dari performansi ini antara lain utilitas pelayanan ( 961 ) rata rata banyak individu dalam sistem (Ls) rata rata banyak individu dalam antrian (Lq) rata rata waktu menunggu dalam sistem (Ws) dan rata rata waktu menunggu dalam antrian (Wq). Penelitian ini dilakukan pada loket pembayaran di Hypermart Malang Town Square (MATOS) pada tanggal 2 Maret 8 Maret 2010. Pengamatan dilakukan pada pukul 15.30 17.00 WIB. Teknik Analisis data yang digunakan untuk menguji distribusi banyak kedatangan menggunakan software EasyFit dengan teknik perangkingan distribusi. Sedangkan untuk menguji distribusi waktu antar kedatangan dan distribusi waktu pelayanan digunakan software Minitab 14 dengan menggunakan ID Plot dan Probability Plot. Dalam menduga parameter distribusi waktu antar kedatangan dan distribusi waktu pelayanan dengan digunakan Probability Plot. Sedangkan dalam menganalisis model antrian untuk memperoleh peformansi digunakan software POM dengan memasukkan nilai laju kedatangan ( 955 ) laju pelayanan ( ) dan jumlah server yang digunakan. Hasil analisis dan pembahasan diperoleh model antrian yang paling representatif pada loket pembayaran Hypermart Malang Towm Square (MATOS) (M/M/1) (FCFS/ 8734 / 8734 ) yang mempunyai arti bahwa model pelayanan tunggal dan distribusi banyak kedatangan berdistribusi Poisson dan waktu antar kedatangan dan waktu pelayan berdistribusi Eksponensial. Disiplin pelayanannya FCFS bermakna pelanggan yang lebih dulu datang maka pelanggan tersebut akan lebih dulu mendapat pelayanan. Sedangkan panjang antrian dan sumber populasinya tak terbatas. Dari hasil perhitungan performansi diperoleh nilai utilitas terbesar 0.95 pada hari Minggu dan yang terkecil 0.4752 pada hari Selasa hal ini berarti terjadi antrian yang panjang pada hari Minggu dan berlaku sebaliknya. Rata rata banyak pelanggan antri dalam sistem (Ls) dan rata rata banyak pelanggan antri dalam antrian (Lq) yang terbanyak terjadi pada hari Minggu dan yang paling sedikit pada hari Selasa. Rata rata lama waktu menunggu dalam sistem (Ws ) dan rata rata lama waktu menunggu dalam antrian (Wq) yang terlama pada hari Minggu dan tercepat pada hari Selasa. Probabilitas tidak ada individu dalam sistem (Po) paling kecil pada hari Minggu dan yang paling besar hari Selasa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disarankan untuk pihak subyek penelitian karena antrian yang paling panjang terjadi pada hari Minggu diharapkan membuka loket pembayaran lebih banyak lagi untuk mengurangi antrian pada hari tersebut. Pada penelitian ini dalam menguji distribusi digunakan 4 distribusi disarankan untuk lebih mempertajam penelitian ini dengan 10 distribusi dalam pengujian distribusi. Serta disarankan pula untuk melakukan penelitian menggunakan model lainya dan supermarket lainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item