Analisis antrian multichannel - single phase pada counter pelayanan customer service di Grapari Telkonsel Malang / Alifi Buanawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis antrian multichannel - single phase pada counter pelayanan customer service di Grapari Telkonsel Malang / Alifi Buanawati

Buanawati, Alifi (2010) Analisis antrian multichannel - single phase pada counter pelayanan customer service di Grapari Telkonsel Malang / Alifi Buanawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci antrian customer service kedatangan dan pelayanan. Masalah antrian merupakan salah satu hal yang sering menjadi keluhan semua orang. Seperti yang terjadi di GraPARI Telkomsel Malang dimana jumlah pelanggan yang datang seringkali tidak seimbang dengan jumlah pelayanan yang disediakan. Hal ini menyebabkan antrian yang panjang dan ketidaknyamanan bagi pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model sistem antrian yang ada di GraPARI Telkomsel Malang. Dari model antrian ini diperoleh nilainilai performansi yang dapat digunakan untuk menganalisis masalah antrian tersebut. Walaupun tidak secara langsung dapat menyelesaikan masalah tetapi setidaknya dapat memberikan gambaran penyelesaian dan menyumbangkan informasi penting yang diperlukan untuk mengambil keputusan atau kebijaksanaan dalam upaya peningkatan jasa pelayanan yang lebih baik. Dengan menggunakan notasi antrian maka model antrian di GraPARI Telkomsel Malang dapat ditulis (M/G/6) (GD/ 61605 / 61605 ). Hasil penelitian pada sistem antrian Multichannel Single Phase yang digunakan GraPARI Telkomsel Malang dengan 6 server menunjukkan pada tengah minggu diperoleh nilai utilitas server sebesar 0 871 jumlah pelanggan yang menunggu dalam antrian 2 98 sekitar 3 orang sedangkan yang menunggu dalam sistem 8 205 sekitar 9 orang. Waktu tunggu dalam antrian 513 786 detik atau sekitar 8 56 menit dan waktu tunggu dalam sistem 1414 655 detik atau sekitar 23 58 menit. Pada awal minggu dan akhir minggu dengan menggunakan 6 server dinilai kurang optimal untuk melayani para pelanggan karena terjadi kedatangan dengan kelajuan yang lebih cepat daripada yang dapat ditampung oleh petugas pelay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16978

Actions (login required)

View Item View Item