Sari, Endah Novita (2010) Pembelajara sistem persamaan linier dengan pendekatan problem posing pada siswa kelas I SMUN 9 Malang oleh Endah Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Banyaks oalt entangS istemP ersamaaLni neary angb erbentuks oalc erita. Sayangnyah a sil - hasil penelitian tentangsoalc erita khususnyap emecahan masalahQ roblem solving) menunjukkanb anyaknyak egagalany ang dialami siswaP. roblem Posingmerupkan salahs atup endekatanp embelajaiann on konvensionayla ngm emberik esempatasni swau ntukm enyusuns oald ari situasi yang diberikan sehingga siswa terbiasa membuat dan memahami soal. Selanjutnyad a lamk egiatanp roblems olvingm emerlukank emampuansi swa memahamsi oal m erencanakalna ngkah- langkahu ntukm enyelesaikasno al d an menyelesaikanso al tersebut. Dalam praktek pembelajarand i Indonesiab elum banyakd ilaksanakanp embelaja ran denganp roblemp osing. oleh karenai tu . peneliti mencobau ntuk meningkatkanp enguasaansi swat erhadapS istem PersamaaLni near denganm elaksanakanp embelajarany ang memuatp roblem postng. Rumusanm asalahp enelitianin i adalaha dalah( 1) bagaimanakathin gkat kesukarans oal yang dirumuskans iswap adak elasy ang diajar denganp endekatan problemp osing (2) apakahp restasbi elajarm atematikas iswak elasr svruN s Malangy ang mendapatkanp embelajarans istem persamaanL inear dengan pendekatarrproblepmo singl ebih baik dari prestasbi elajars isway ang mendapatkanp embelajaranta npap rablem posing Untuk menjawab masalah diatas maka dilakukan penelitian eksperimen semu( qu asi experimen) denganf tLneanganpenelitiayna ng digunakanu duluh Control Group only Desigr sedangkanp opulasinyaa dalahs iJwak elas I SMUN 9Malangyangterdii dari 6 kelas. pengambilans ampekl elasd ilakukans ecara acak. Yangt eryilih sebagasi ampedl alamp enelitianin i adalahk elas1 1s ebanyak 37-siswas ebagaki elbmpok eksperimend an kelas 13s ebanyak3 9 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisisd atad alamp enelitianin i menunjukkanb ahwa (1) Kemampuana wal matematikay ang merupakann ilai rata - rata ulanganh arian semesteI rt emyatab erdistribusni ormald anh omogenb aik padak elai ekspenmen maupunk elask ontrol (2) prestasib elajar sisway ang mendapatkanp embelajaran SistemP ersamaaLni neard enganp endekatapnr obtim posinglebihf aik dibandingd enganp restasib elajar sisway ang mendapatkanp embelajaranta npa problem posing (3) Tingkat kesukaran soal yang dirumuskan siswa pada tes problemp osingb erdasarkaTna ksonomBi loom adalahs ebagabi erikut (a) pada kelase ksperimend iperoleh4 18 respony angd iklasifikasikanb erdasarkan TaksonomBi loom yaitu (i) 1 respon( 0 24%)b erupap ertanyaanje njang ingatan (ii) 173r espon( 41 61%)b erupap ertanyaajne njangp emahaman1 i i zbo . rpon (47 85%b)e rupap ertanyaajne njanga plikasi (iv) aa respon( 10 53o/ob)e rupa prtanyaany angt idak termasukje njang manapun y angt erdiri dan 29 respon (6 94%b) erupap ertanyaanm atematikay angb ersifat ambigud an 15 respon (3 59%)b erupap ertanyaanm atematikay ang tidak dapatd iselesaikan( b) pada kelask ontrold iperoleh4 57 respony angd iklasifikasikanb erdasarkaTna ksonomi Bloomy aitu( i) 1 respon( 0 22o/ob)e rupaW rtanyan jenJangin gatan( i i) 345 respn(75 49%ob)e rupap ertanyaajne njangp emahaman(i i i) 82 respon( 17 94%) berupap ertanyaajne njanga plikasi ( iv) 29 respon( 6 340/0b)e rupap ertanyaan yangt idakt ermasukje njangm anapuny angt erdiri dari 7 respon( 1 53o/ob)e rupa pertanyaanmatematiykaan gb ersifata mbigud an22 respon( 4 81%)b erupa pertanyaamn atematikay angt idak dapatd iselesaikan. Berdasarkanp enelitiani ni disarankan( l) kepadag uru - guru matematika SMU k hususnyaS MLIN 9 Malang agarp roblemp osing ini dijadikan sebagai salahs atup endekatand alamp embelajaramn atematikad i sekolatre )kepada Depdiknash e ndak nyaproblepmo sing ini disosialisasikalne bih luasd and apat dijadikans ebagasi alahs atua lternatif pendekatanp embelajaranm atematikad alam kebrjakanp endidikan( 3 ) kepadap enelitil ain j ika ingin melaksanakapne nelitian lanjutan (a) padap embelajarapnr oblemposing hendaknyas ejaka walp ara siswad iarahkana gart idak membuatp ertanyaany angb ersifat ambigu ( b) diberikan variasi dalam pembeiantugas problem posirlg (c) pada saat pemberian tesp roblemp osing h endaknyas iswad imintau ntukm enge akan/ menyeresaikan soaly angd ibuat oleh siswa itu sendiri dan (d) padab ahasana taum ateri yang sama (i) hendaknyam enganalisikse mampuans iswad alamm erumuskanso al tingkat kesukarans oalb erdasarkans usunans intaksis( bahasa)d an berdasarkan susunans emantiknya( struktur matematika) ( ii) padap rosesp embelajaranS istem PersamaaLni nearh endaknyad iberikanp ola pembelaaj ranyangsama ntarak elas eksperimedna nk elask ontrol. l
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16968 |
Actions (login required)
View Item |