Widiyanti, Rini (2010) Implementasi model arima pada analisis kecelakaan lalu lintas di wilayah Batu-Ngantang-Kasembon oleh Rini Widiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peramalanm erupakanb agiani ntegral dari kegiatanp engambilank eputusan. Kebutuhan peramalan semakin meningkat sejalan dengan usaha manusia untuk mengurangki etergantungannypaa dah al-hal yang belum pasti. Denganp eramalan pula manusiad apatm emprediksik eadaar/kondisiy ang akant erjadi sehinggau paya preventifdapat diambil untuk mengatasi kondisi tersebut. Adanya informasi tetang masa lalu dan informasi tersebut dapat dikuantitati kand alamb entuk datan umerik merupakand asarp enerapanm etode peramalank uantitatif padaa nalisisk ecelakaanla lu lintas. Permasalahaunt amad ari anlisis runtun waktu adalahb agaimanam odel peramalanm engenajiu mlah korban kecelakaanla lu lintas menurutk lasifikasi usia j enis kelamin dan kondisi korban. Untuk menentukanm odel peramalan p endekatany ang dipakai dalam menganalisanyyaa itu menggunakana nalisisR untun Waklu denganM etodeB ox- Jenkins. Metode ini terdiri dari 3 tahap utama yaitu tahap eksplorasi model sementarat a hape stimasip arameterd an pemeriksaanre sidual( .dictgnosticch ecking). dan terakhir adalaht ahapp eramalanP. adat ahapp emilihanm odel untuk model terbaik berdasarkanp adan ilai Mean SquareE nor (IvISE)a tauM ean Square( IuIS) residual terkecil yang diperoleh dari kuadrat galat peramalan dibagi jumlah p ngamatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuat model peramalan dari level usia l5-35 j enis kelamin d ank ondisik orbank ecelakaatna lu lintas ( 2) memprediksi jumlah korbank ecelakaanla lu lintas untuk 5 periodem endatang. Data yang digunakand alamp enelitiana dalahd atah ariank ecelakaanla lu lintas yang terjadi di wilayah Batu - Ngantang - Kasembon periode Januari 1999 - Desember 2000. Dari 48 periode data yang diobservasi digunakan 45 periode data pada analisis dan sisanya untuk validasi model. Berdasakahna silp enelitiand apatd isimpulkanb ahwa (1) jumlah korban kecelakaanla lu lintas denganu sia 15- 24 dipengaruhio leh jumlah korban kecelakaanla lu lintas 2 periodes ebelumnya( 3 ) Jumlahk orbank ecelakaanla lu lintas denganje nis kelamin laki-laki perempuand an korbanm eninggald unia dipengaruhi oleh jumlah korbank ecelakaand an galat satup eriodes ebelumnya( 4 ) Jumlahk orban kecelakaanla lu lintas luka ringan dipengaruhio leh galat satup eriodes ebelumnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16964 |
Actions (login required)
View Item |