Perbedaan prestasi belajar siswa MTsN Selorejo melalui pembelajaran kooperatif model JIGSAW dengan metode ceramah pada pokok bahasan persegipanjang dan persegi oleh Siti Shofiatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa MTsN Selorejo melalui pembelajaran kooperatif model JIGSAW dengan metode ceramah pada pokok bahasan persegipanjang dan persegi oleh Siti Shofiatur Rohmah

Rohmah, Siti Shofiatur (2010) Perbedaan prestasi belajar siswa MTsN Selorejo melalui pembelajaran kooperatif model JIGSAW dengan metode ceramah pada pokok bahasan persegipanjang dan persegi oleh Siti Shofiatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain matematika kurang diminati siswa serta kurang adanya komunikasi antara guru dengan siswa. Oleh karena itu perlu diciptakan proses belajar matematika yang baik dan banyak menuntut keaktifan dan keterlibatan siswa s upayap engetahuany ang ditemukan siswa sendiri menjadi lebih bermakna. Metode pembelajaran yang selama ini banyak digunakan oleh para guru adalah metode ceramah dimana kegiatan di kelas didominasi oleh guru. Saiah satupembelajaral yang menrmtut keterlibatal siswa di kelas adalah pembelajaran kooperatif antara lain model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan mtuk mengetahui apakah prestasi belajar maternatika siswa kelas I MTsN Selorejo yang diajar dengan pembelajaran kooperafif model Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode ceramah pada pokok bahasan perseg panjang dan persegi. Hipotesis dalam penelitin ini adalah prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperafifmodel Jigsaw lebih tinggi dari pada yang diajar dengan metode ceramah. Rancangan penelitian ini adalah Posl Tesl Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MTsN Selorejo pada semester II Tahun ajaran 2003 12004 dan sebagai sampel penelitian adalah 83 orang siswa yaitu kelas IA (kelompok eksperimen) dengan jumlah siswa 41 orang dan kelas IB(kelompok konfol) dengan jurnlah siswa 44 orang . Teknik pengambilatl sampel secara acak melalui undian. Sebelum instrumen prestasi belajar digunakan terlebih dahulu diujicobakan pada 44 siswa.Uji prasyarat analitis yarg digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas dan uji kesamaan dua rafa-rata. Untuk uji hipotesis nya menggrmakan uji t pihak kanan. Dari analisisq ii hipotesisd iperolehh iti e ttub ryait1u 883 1 68126. Hal ini berarti prestasi belajar matematika kelas I MTsN Selorejo yang diajar dengan pembelajaran kooperatifmodel Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar denganm etode ceramahp ada pokok bahasanp erseglpanjangd an persegi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16950

Actions (login required)

View Item View Item