Pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran IPS kelas IV pokok materi permasalahan sosial di daerah setempat / Ainul Maghfuroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran IPS kelas IV pokok materi permasalahan sosial di daerah setempat / Ainul Maghfuroh

Maghfuroh, Ainul (2011) Pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran IPS kelas IV pokok materi permasalahan sosial di daerah setempat / Ainul Maghfuroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Permainan Monopoli Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam interaksi pembelajaran unsur guru dan siswa harus aktif. Aktif tidaknya siswa dalam belajar tentunya diawali dengan timbulnya rasa ketertarikan dan minat siswa itu sendiri dalam mengikuti pelajaran. Oleh sebab itu untuk mencapai hal tersebut diperlukan suatu metode dan media pembelajaran yang tepat dengan harapan dapat membantu siswa mengembangkan pengetahuan secara efektif. Anak usia SD senang bermain senang bergerak senang bekerja dalam kelompok dan senang merasakan atau meragakan sesuatu secara langsung. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode dan media yang sesuai dengan karakteristik tersebut diantaranya adalah dengan menggunakan media permainan. Dari beberapa masalah tersebut maka peneliti mencoba mengembangkan sebuah produk media permainan melalui penelitian yang berjudul pengembangan media permainan monopoli untuk pembelajaran IPS kelas IV pokok materi permasalahan sosial di daerah setempat. Adapaun subyek yang di jadikan penelitian adalah siswa SDN Toyomarto IV Singosari-Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk sekaligus mengetahui keefektifitasan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi 2 ahli media 1 ahli materi dan siswa. Adapun instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media telah layak digunakan dalam proses pembelajaran IPS pokok materi permasalahan sosial di daerah setempat. Data yang dijadikan bukti adalah hasil validasi dari 3 validator yaitu 2 ahli media dengan skor 80% 1 ahli materi 80 3% siswa 91 8%. Sedangkan hasil belajar siswa pada uji coba lapangan menunjukkan rata-rata nilai siswa sebelum menggunakan media adalah 53 dan setelah menggunakan media adalah 71 1. Untuk efektifitas penggunaan media dilakukan dengan uji statistik t-tes dan hasilnya t 16 9 kemudian dibandingkan dengan tabel db 29 taraf 5% hasilnya t 2 04. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan media lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan media dengan ketentuan thitung ttabel yaitu 16 9 2 04.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item