formulasi dan evaluasi gel hand sanitizer ekstrak daun singkong (manihot esculenta crantz.) / achib irmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

formulasi dan evaluasi gel hand sanitizer ekstrak daun singkong (manihot esculenta crantz.) / achib irmawati

Irmawati, Achib Irmawati (2021) formulasi dan evaluasi gel hand sanitizer ekstrak daun singkong (manihot esculenta crantz.) / achib irmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tangan merupakan salah satu media penyebaran mikroorganisme pada manusia. Gel Hand sanitizer merupakan salah satu sediaan antiseptik yang umumnya diformulasikan dengan penambahan kadar alkohol sebesar 60-85%. Kekurangan dari alkohol yaitu mudah terbakar dan dalam pemakaian jangka panjang akan menyebabkan kekeringan pada kulit. Penelitian ini dirancang untuk membuat inovasi hand sanitizer berbahan alami yang berkhasiat obat antibakteri yakni ekstrak etanol 70% daun singkong (Manihot esculenta Crantz.) sebagai upaya untuk mengurangi kadar alkohol. Variasi konsentrasi ekstrak daun singkong yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0% (F1) 2% (F2) 4% (F3) 6% (F4) dan 8% (F5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula gel hand sanitizer ekstrak daun singkong yang sesuai dengan SNI adalah F3 F4 dan F5. Homogenitas daya sebar dan daya lekatnya juga sesuai dengan standar keamanan dan keefektifan antiseptik. Konsentrasi ekstrak daun singkong berbanding lurus dengan nilai pH daya sebar dan efektivitasnya serta tidak berpengaruh terhadap homogenitas sediaan gel hand sanitizer ekstrak daun singkong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/168980

Actions (login required)

View Item View Item