Analisis tingkat ekspresi slug dalam perkembangan colorectal cancer / Fitriana Hadayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat ekspresi slug dalam perkembangan colorectal cancer / Fitriana Hadayani

Hadayani, Fitriana Hadayani (2021) Analisis tingkat ekspresi slug dalam perkembangan colorectal cancer / Fitriana Hadayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Colorectal Cancer (CRC) merupakan kasus kanker keempat tertinggi di Indonesia dengan 11 9% kasus terjadi pada pria. Epithelial Mesenchymal Transition atau EMT berperan penting dalam perubahan sel epitel menjadi sel mesenkimal sehingga sel bersifat invasif dalam progresi CRC. Terjadinya EMT dapat ditandai dengan menurunnya ekspresi E-Cadherin karena peningkatan ekspresi Slug. Faktor transkripsi Slug berperan penting menekan ekspresi E-Cadherin dan mendukung terjadinya EMT dalam meningkatkan metastasis CRC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat ekspresi Slug pada stadium III dan IV dalam perkembangan CRC. Metode ini menggunakan RTq-PCR dalam mengukur tingkat ekspresi Slug pada 7 jaringan pria CRC. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya tingkat ekspresi Slug pada stadium III dengan nilai 3 70 plusmn 0 74 lebih tinggi dibandingkan pada stadium IV dengan nilai 2 91 plusmn 0 58. Hasil penelitian tersebut juga dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian lebih lanjut dalam mengetahui jalur persinyalan yang dapat memediasi Slug pada CRC stadium III dan IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/168977

Actions (login required)

View Item View Item