Uji potensi dan identifikasi bakteri penambat nitrogen dari danau setigi kabupaten gresik / Alfia Nur Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji potensi dan identifikasi bakteri penambat nitrogen dari danau setigi kabupaten gresik / Alfia Nur Laili

Laili, Alfia Nur Laili (0000) Uji potensi dan identifikasi bakteri penambat nitrogen dari danau setigi kabupaten gresik / Alfia Nur Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bakteri penambat nitrogen merupakan bakteri yang mampu mengikat nitrogen di atmosfer dan mengubahnya menjadi ammonia maupun ammonium. Nitrogen dalam bentuk ammonium lebih mudah dimanfaatkan oleh mikroalga sebagai unsur yang mempengaruhi produksi biomassa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji potensi bakteri penambat N dan dilanjutkan dengan identifikasi secara molekuler pada bakteri dengan potensi tertinggi dari Danau Setigi menggunakan analisis gen 16S rRNA. Melalui uji kualitatif bakteri didapatkan 19 isolat yang mampu menambat N dan diperoleh penambatan tertinggi dengan konsentrasi ammonium sebesar 10 38 ppm pada kode isolate Sg 5 menggunakan Reagen Nessler. Bakteri dengan kemampuan menambat nitrogen tertinggi diidentifikasi secara molekuler dikarakterisasi dengan pewaraan gram dan pengamatan morfologi sel bakteri. Bakteri isolat Sg 5 merupakan bakteri gram positif berbentuk basil dengan panjang 7 micro m dan diameter 1 micro m. Identifikasi molekuler dilakukan dengan anaisis gen 16S rRNA. Hubungan kekerabatan antar spesies akan dikontruksi dengan pohon filogenetik. Isolat Sg 5 ditemukan berada satu klad dengan Lysinibacillus fusiformis. Berdasarkan karakterisasi morfologi dan identifikasi molekuler isolate bakteri Sg 5 diklasifikasikan sebagai kelompok Lysinibacillus dan berkerabat dekat dengan Lysinibacillus fusiformis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/168974

Actions (login required)

View Item View Item