Penyelesaian masalah minimum cost flow dengan metode out-of kilter / Yosy Akrabia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelesaian masalah minimum cost flow dengan metode out-of kilter / Yosy Akrabia

Akrabia, Yosy (2010) Penyelesaian masalah minimum cost flow dengan metode out-of kilter / Yosy Akrabia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akrabia Yosy.2010.Penyelesaian Masalah Minimum Cost Flow dengan Metode Out-Of Kilter. Skripsi jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Drs.Purwanto Ph.D. (2) Darmawan Satyananda S.T M.T Kata Kunci Metode Out-Of Kilter Minimum Cost Flow Teori Graph merupakan salah satu bagian matematika yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu permasalahan yang dapat diselesaikan menggunakan teori graph adalah masalah minimum cost flow yaitu optimasi untuk mencari biaya aliran minimum dalam jaringan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan metode Out-Of Kilter. Prinsip dasar metode Out-Of Kilter adalah berusaha membuat busur-busur yang out-kilter menjadi in-kilter sehingga dicapai kondisi yang optimal dengan melalui tiga fase yaitu fase inisialisasi fase primal dan fase dual. Metode ini dimulai dengan fase inisialisasi dengan memberikan nilai setiap xij 0 dan variabel dual wi 0. Kemudian masuk fase primal dengan menentukan keadaan busur dan mencari sirkuit (cycle) pada jaringan. Pada fase ini busur yang out of kilter akan ditingkatkan atau diturunkan agar menjadi in-kilter. Jika tidak ditemukan cycle dalam jaringan maka akan masuk tahap ke fase dual. Fase ini akan menghitung nilai zij - cij. Jika semua busur sudah in-kilter maka proses akan selesai. Metode Out-Of Kilter mempunyai kelebihan perhitungan lebih pasti karena memiliki solusi optimal tunggal. Tetapi metode ini hanya dapat diterapkan pada jaringan yang tertutup. Tetapi untuk jaringan yang terbuka dapat diselesaikan dengan metode ini jika ditambahkan busur tambahan sehingga menjadi jaringan yang tertutup.Metode Out-Of Kilter juga dapat diterapkan dengan program GIDEN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16896

Actions (login required)

View Item View Item