uji potensi bakteri penghasil vitamin b12 dari beberapa danau di jawa timur / mushofatul fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

uji potensi bakteri penghasil vitamin b12 dari beberapa danau di jawa timur / mushofatul fitria

Fitria, Mushofatul Fitria (2021) uji potensi bakteri penghasil vitamin b12 dari beberapa danau di jawa timur / mushofatul fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan organisme. Eksplorasi bakteri penghasil vitamin B12 di danau belum banyak dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh isolat bakteri penghasil vitamin B12 tertinggi dari danau Setigi Telaga Ngebel Ranu Pane dan Regula serta identifikasi morfologi dan genetik berdasarkan 16S rRNA pada bakteri penghasil vitamin B12 tertinggi. Uji kualitatif dilakukan dengan menumbuhkan bakteri pada media frac12 PYBGF selama 48 jam. Isolat yang dapat tumbuh pada media tersebut dilanjutkan dengan uji kuantitatif. Uji kuantitatif dilakukan pada media 1/20 PYBGF secara mikrobiologi menggunakan S. typhimurium. Pertumbuhan S. typhimurium diukur menggunakan spektrofotometer dengan panjang gelombang 546 nm. Identifikasi morfologi berupa pengamatan morfologi koloni dan pewarnaan gram. Identifikasi genetik berdasarkan protokol QIAmp DNA Mini Kit Qiagen untuk isolasi DNA dan reagen Top Taq Master Mix Kit untuk reaksi PCR. Hasilnya menunjukkan bakteri kode S14 dari danau Setigi menghasilkan vitamin B12 tertinggi yaitu 4 26 ppm. Bakteri berbentuk basil dengan ukuran 3 x 1 micro m dan bersifat gram negatif. Hasil identifikasi gen 16S rRNA isolat bakteri kode S14 termasuk kelompok Bacillus subtilils yang memiliki similarity dengan B. amyloliquefaciens B. subtilis dan B. velezensis sebesar 99 9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/168958

Actions (login required)

View Item View Item