deteksi gad65 sebagai penanda risiko diabetes melitus pada wanita obesitas usia muda / lutfiyah magfiroh azis - Repositori Universitas Negeri Malang

deteksi gad65 sebagai penanda risiko diabetes melitus pada wanita obesitas usia muda / lutfiyah magfiroh azis

Azis, Lutfiyah Magfiroh Azis (2021) deteksi gad65 sebagai penanda risiko diabetes melitus pada wanita obesitas usia muda / lutfiyah magfiroh azis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obesitas merupakan faktor risiko yang berhubungan dengan perkembangan diabetes mellitus dengan prevalensi pada wanita sebesar 41 9%. Diagnosis diabetes mellitus sering terlambat karena akan dilakukan saat muncul gejalanya. Tindakan pencegahan diabetes mellitus dapat dilakukan dengan mendeteksi GAD65 sebagai penanda kerusakan pada sel beta pankreas. Penelitian ini bertujuan untuk deteksi dini potensi diabetes mellitus pada wanita obesitas usia muda dengan menggunakan penanda adanya GAD65. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode Rapid Tes GAD65. Hasil penelitian pada subjek dengan usia 19 ndash 23 tahun yaitu sebanyak 81% positif GAD65 dengan rerata gula darah puasa 90 mg/dL rerata IMT29 2 kg/m sup2 dan rerata persentase lemak 44 1%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa deteksi GAD65 dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencegah peningkatan diabetes mellitus pada individu usia muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/168955

Actions (login required)

View Item View Item