Studi penggunaan teknik dasar komunikasi konseling pada konselor di SMP Negeri 2 Sukodono Kabupaten Lumajang / Miranti Widi Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penggunaan teknik dasar komunikasi konseling pada konselor di SMP Negeri 2 Sukodono Kabupaten Lumajang / Miranti Widi Andriani

Andriani, Miranti Widi (2010) Studi penggunaan teknik dasar komunikasi konseling pada konselor di SMP Negeri 2 Sukodono Kabupaten Lumajang / Miranti Widi Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani M. W. 2009. Studi Penggunaan Teknik Dasar Komunikasi Konseling pada Konselor di SMP Negeri 2 Sukodono Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M. Pd (II) Dr. M. Ramli M. A. Kata kunci Teknik dasar komunikasi konseling konselor. Salah satu program bimbingan konseling di sekolah adalah layanan konseling. Teknik yang seharusnya digunakan konselor dalam memberikan layanan konseling adalah teknik dasar komunikasi konseling. Penggunaan teknik dasar komunikasi konseling dapat melancarkan proses konseling sehingga tujuan utama konseling yaitu membantu siswa memahami potensi diri akan tercapai. Namun di lapangan banyak konselor yang belum menggunakan teknik dasar komunikasi konseling. Untuk mengetahui penggunaan teknik dasar komunikasi konseling pada konselor dilakukan pengumpulan data di lapangan. Tujuan penelitian ini mengetahui teknik dasar komunikasi yang digunakan oleh konselor mendeskripsikan alasan konselor menggunakan teknik dasar komunikasi tersebut mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi penggunaan teknik dasar komunikasi konseling pada konselor mendeskripsikan peran konselor dalam membantu konseli menyelesaikan masalah dan mendeskripsikan respon konseli terhadap peran konselor dalam membantu konseli menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukodono Kabupaten Lumajang dengan konselor sebanyak empat orang dan telah menempuh pendidikan khusus S1 Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus. Data jenis penelitian studi kasus berupa kata-kata dan tindakan data tertulis dan foto. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukodono Kabupaten Lumajang adalah teknik dasar komunikasi konseling yang digunakan oleh konselor teknik opening acceptance lead dan advice. Alasan konselor menggunakan teknik tersebut adalah mudah digunakan tidak membutuhkan waktu yang banyak serta dapat mengarahkan pembicaraan konseli pada alur pembicaraan yang dikehendaki. Faktor yang mempengaruhi penggunaan teknik dasar komunikasi konseling pada konselor karakteristik konseli emosi konseli dan waktu proses konseling. Peran konselor dalam konseling adalah memberikan alternatif pemecahan masalah serta memberikan saran saat konseli akan mengambil keputusan. Respon konseli mengenai peran konselor terbentuk persepsi bahwa konselor sebagai pemberi nasehat dan hukuman bagi siswa yang bermasalah selebihnya konseli lebih banyak diam walaupun merasa bosan saat mendapat nasehat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya agar memperdalam hasil penelitian dengan menambah waktu penelitian. Bagi siswa disarankan lebih terbuka dalam menceritakan masalahnya dan bagi konselor hendaknya mengasah kembali keahlian dengan menerapkan teknik dalam konseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item