Eksplorasi kerja algoritma Edmonds Karp dalam menyelesaikan maximum flow problem / Ardanu Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi kerja algoritma Edmonds Karp dalam menyelesaikan maximum flow problem / Ardanu Pratama Putra

Putra, Ardanu Pratama (2010) Eksplorasi kerja algoritma Edmonds Karp dalam menyelesaikan maximum flow problem / Ardanu Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Gladis Dwi. 2010. Implementasi Metode Insertion Heuristic dalam Penyelesaian Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) dan Analisanya. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si. (II) Mohamad Yasin S.Kom M.Kom. Kata Kunci Vehicle Routing Problem Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) Metode insertion heuristic Distribusi merupakan suatu proses pengiriman barang atau jasa dari produsen (depot) ke konsumen (customer). Pada umumnya proses distribusi dilakukan untuk pemenuhan permintaan customer dimana jarak yang ditempuh relative jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satu konsep pada teori graph yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Vehicle Routing Problem (VRP). Salah satu pengembangan dari permasalahan VRP yaitu Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP). MTVRP merupakan salah satu varian VRP dengan penambahan kendala kapasitas dan waktu dimana kendaraan (vehicle) dapat melalui satu rute atau lebih pada periode perencanaan. Permasalahan MTVRP yang dibahas diselesaikan dengan menggunakan metode insertion heuristic dan digambarkan dengan suatu graph. Proses pencarian rute minimum dengan metode insertion heuristic dimulai dengan pembentukan rute awal pada setiap kendaraan yang tersedia. Kemudian dilakukan pemilihan dan penyisipan customer pada rute yang didasarkan pada minimum waktu tempuh dan profitability. Metode lain untuk menyelesaikan permasalahan MTVRP yaitu metode Brandao and Mercers. Proses pencarian rute minimum dengan metode Brandao and Mercers dengan pembentukan stage layer dan melakukan pertukaran titik antar rute dengan insert moves. Pembahasan mengenai permasalahan MTVRP ini memberikan beberapa analisa yaitu analisa mengenai persamaan dan perbedaan metode insertion pada MTVRP dan VRP lainya serta analisis keoptimuman metode insertion heuristic pada MTVRP. Persamaan metode insertion pada MTVRP VRP VRPTW dan VRPSDP adalah sama-sama melakukan perluasan rute dengan menyisipkan customer dalam rute. Sedangkan perbedaan MTVRP VRP VRPTW dan VRPSDP terletak pada proses penyisipan customer dalam rute. Pada permasalahan VRP dan VRPTW penyisipan titik customer didasarkan pada jarak antar customernya. Sedangkan pada permasalahan VRPSDP penyisipan titik customer didasarkan pada jumlah permintaan maupun pengembalian barang tiap customernya. Lain halnya pada permasalahan MTVRP penyisipan titik customer didasarkan pada waktu tempuh. Analisis keoptimuman metode insertion heuristic pada MTVRP memberikan solusi yang lebih optimal dari pada metode Brandao and Mercers. Akan tetapi metode insertion heuristic melakukan proses pencarian solusi yang lebih panjang dibandingkan metode Brandao and Mercers karena didasarkan pada dua hal yaitu waktu tempuh dan profitability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item