Pembelajaran persamaaan garis lurus melalui Pendekatan problem posing bagi siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Pulung kabupaten Ponorogo / Yekti Nurfarida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran persamaaan garis lurus melalui Pendekatan problem posing bagi siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Pulung kabupaten Ponorogo / Yekti Nurfarida

Nurfarida, Yekti (2010) Pembelajaran persamaaan garis lurus melalui Pendekatan problem posing bagi siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Pulung kabupaten Ponorogo / Yekti Nurfarida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurfarida Yekti. 2009. Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Melalui Pendekatan Problem Posing bagi Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd (2) Drs. Eddy Budiono M.Pd Kata kunci persamaan garis lurus problem posing. Pembelajaran dengan pendekatan problem posing merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat masalah atau soal berdasarkan informasi yang diberikan. Pendekatan problem posing ini terdiri dari dua tahapan kognitif yaitu tahap accepting dan tahap challenging. Kegiatan membuat masalah atau soal dapat melatih siswa untuk aktif kreatif dan dapat mengembangkan daya pikir. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Pulung proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah serta sesekali dengan tanya jawab dan siswa terlihat masih sangat pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) nilai siswa kelas ini masih banyak yang berada dibawah 61. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran pendekatan yang dimaksud yaitu pendekatan problem posing. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP N 1 Pulung dengan jumlah 38 siswa. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah persamaan garis lurus karena berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada 6 siswa hanya satu siswa yang memperoleh nilai 75 dan yang lainnya hanya memperoleh nilai dibawah 60. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran persamaan garis lurus melalui pendekatan problem posing bagi siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Pulung Kabupaten Ponorogo. Penerapan pembelajaran dengan pendekatan problem posing dimulai dengan tahapan accepting dan siswa diminta mengerjakan tahapan ini secara individu berdasarkan arahan dari guru. Kemudian siswa diminta berpasangan berdasarkan kelompok yang telah dibentuk secara heterogen untuk membuat soal berdasarkan informasi yang diberikan. Aktivitas ini dilakukan pada tahap chalenging. Kemudian siswa diminta menukar hasil pengerjaan membuat soal dengan pasangan lain untuk dikerjakan namun jika kedua pasangan ini dapat saling berdiskusi dalam menyelesaikan soal yang telah mereka buat jika ada yang mengalami kesulitan. Selanjutnya perwakilan siswa diminta menampilkan hasil diskusi di depan kelas serta menjelaskannya. Siswa lain diminta menanggapi hasil penjelasan teman mereka. Berdasarkan hasil pembelajaran dengan pendekatan problem posing ini siswa dapat melaksanakan rangkaian tahapan problem posing dengan baik dan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari wawancara kepada 4 siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah mereka lebih menyukai proses pembelajaran seperti ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item