Pengembangan modul persamaan, fungsi dan pertidaksamaan kuadrat untuk SMA/MA kelas X / Retno Idwindari Fanany - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul persamaan, fungsi dan pertidaksamaan kuadrat untuk SMA/MA kelas X / Retno Idwindari Fanany

Fanany, Retno Idwindari (2010) Pengembangan modul persamaan, fungsi dan pertidaksamaan kuadrat untuk SMA/MA kelas X / Retno Idwindari Fanany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fanany Retno Idwindari. 2009. Pengembangan Modul Persamaan Fungsi dan Pertidaksamaan Kuadrat untuk SMA/ MA kelas X. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata kunci modul persamaan fungsi dan pertidaksamaan kuadrat. Berdasarkan kenyataan di lapangan sampai saat ini masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Selain itu masih banyak juga guru yang menerapkan pembelajaran konvensional dibanding metode-metode pembelajaran yang baru. Apalagi ditambah hasil wawancara dengan beberapa siswa yang menyatakan bahwa buku pelajaran yang dimiliki siswa cenderung monoton dan kurang menarik sehingga siswa menjadi cepat bosan dan malas belajar. Dari kenyataan ini penulis terdorong untuk mengembangkan modul sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika agar siswa lebih senang dan ingin mempelajari matematika lebih dalam. Dengan modul siswa dituntun untuk belajar membangun pemahamannya tentang suatu konsep materi yang akan dipelajari. Akibatnya konsep suatu materi yang telah mereka pelajari akan lebih melekat pada ingatan mereka dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan hanya menerima dari gurunya. Dalam pembelajaran ini guru hanya berfungsi sebagai pengawas. Adapun unsur-unsur modul ini terdiri dari pendahuluan petunjuk untuk guru petunjuk untuk siswa daftar isi standar kompetensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran lembar kegiatan siswa lembar kerja siswa pedoman jawaban lembar kerja siswa lembar tes lembar tes remidi pedoman jawaban lembar tes beserta pedoman penyekorannya pedoman jawaban lembar tes remidi beserta pedoman penyekorannya dan daftar pustaka. Sebelum diujicobakan kepada siswa modul divalidasi terlebih dahulu oleh dua orang dosen dan dua orang guru. Setelah itu modul diujicobakan kepada 3 orang siswa yang mempunyai kemampuan tinggi sedang dan kurang. Berdasarkan hasil validasi perorangan modul perlu perbaikan hanya pada kalimat-kalimat yang tidak mengikuti kaidah EYD dan pada kalimat yang tidak konsisten penggunaannya. Di lain pihak hasil uji coba kepada kelompok kecil diperoleh skor tes semua siswa sudah memenuhi standar ketuntasan belajar yang dibuat penulis. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil uji coba yaitu modul ini cukup menarik dan dapat diterima oleh siswa. Adapun saran pemanfaatan modul ini adalah sebaiknya digunakan pada siswa yang berkemampuan rata-rata ke atas karena rangkaian aktivitasnya tidak terlalu menuntun siswa tetapi siswa dituntun untuk menyelesaikan masalah melalui pertanyaan-pertanyaan yang konstruktif. Untuk pengembangan lebih lanjut modul ini dapat digunakan di sekolah sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan fungsi dan pertidaksamaan kuadrat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16880

Actions (login required)

View Item View Item