Proses interaksi berfikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya kelas VII MTs Negeri Batu / Muhayanatul Juhria - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses interaksi berfikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya kelas VII MTs Negeri Batu / Muhayanatul Juhria

Juhria, Muhayanatul (2010) Proses interaksi berfikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya kelas VII MTs Negeri Batu / Muhayanatul Juhria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juhria Muhayanatul. 2009. Proses Interaksi Berpikir Siswa dengan Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Metode Silih Tanya Kelas VII MTs Negeri Batu. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Askury M. Pd dan (II) Indriati Nurul Hidayah S. Pd M. Si Kata kunci proses interaksi berpikir metode silih tanya kartu model keliling luas segi empat Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UUSPN No.20 Tahun 2003). Dalam kegiatan pembelajaran terdapat interaksi siswa dengan siswa yang melibatkan proses berfikir siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan. Interaksi ini akan terjadi apabila siswa bekerja sama satu dengan yang lain. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan keterampilan dalam bekerja sama antar siswa adalah pembelajaran kooperatif metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji proses interaksi berpikir siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Batu dengan subjek penelitian adalah empat siswa dalam satu kelompok diskusi dari kelas VII-C yang memiliki kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara sebelum pembelajaran catatan lapangan pada saat pembelajaran dan wawancara setelah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses interaksi berpikir yang terjadi antar siswa pada proses pembelajaran kooperatif metode silih tanya kelas VII MTs Negeri Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam diskusi kelompok pada saat aktivitas silih tanya terjadi interaksi multiarah antar anggota kelompok dengan kartu model sebagai media pembelajaran. Interaksi dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi berperan sebagai sumber dalam diskusi siswa berkemampuan sedang ada yang berperan sebagai penyeimbang dan ada yang hanya memberikan pengetahuan saja sedangkan siswa berkemampuan rendah cenderung sebagai penerima saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16873

Actions (login required)

View Item View Item