Pengembangan modul pembelajaran kimia pokok bahasan larutan asam basa berorientasi konstruktivistik berdasarkan draft kurikulum berbasis kompetensi 2002 oleh Siti Muthomimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran kimia pokok bahasan larutan asam basa berorientasi konstruktivistik berdasarkan draft kurikulum berbasis kompetensi 2002 oleh Siti Muthomimah

Muthomimah, Siti (2009) Pengembangan modul pembelajaran kimia pokok bahasan larutan asam basa berorientasi konstruktivistik berdasarkan draft kurikulum berbasis kompetensi 2002 oleh Siti Muthomimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahank urikulum merupakans alahs atuc ara untuk meningkatkanm utu pendidikanP. erubahantg rsebutd iperlukanu ntuk menyesuaikank urikulum dengan perkembangailnm u pengetahpn_du te knologi p erkembangante ori belajarm e-ngajar danp aradigmap engajaranD. i Indonesiap ada-tahun2 004 aiandilaksanalan 11 ut9m baru y aitu kurikulumb erbasiJk ompetens(iK BK) satatrs atut aratteristik KBK adalahp embelajarand ilakukan dengan- nggu.rukun modul. seiautrl ni perangkaKt BK sepertim odul untuk pengajaranp okok bahasana sam-Lasab elum tersediao. leh sebabi tu pirdap enelitiani ni dikembangkanm odul kimia pokok bahasalna rutana sam-basab erorientaski onstruktivisti-ky ang dapat diimplementasikadni SMU kelasI I. Modul ini dikembangkamn elaluil angkah-langkashe bagabi erikut (1)M engkajki urikulumb erbasisk ompetensi( 2 ) Mengkajip enldekatan konstruktivitik( 3 ) Memilihanm ateri/pokokb ahasan1 )M engkajik ompetensdi ari pokokbahasan(5 ) Membuatr encanap embelajaran( 6 ) Mengembangkanm odul pembelajaran(7 ) Melakukanv alidasi modul pembelajarank epadag ru mata fl jfl kimia yaitu padag uru sMU pelaksanaK BKdan dosenk iiria pembinam ata kuliahp embelajaranki mia (8) Merevisi modul pembelajaranu ntuk mengetahui hasilm odulp engembangadni lakukanv alidasi kepada4 guru kimia sMU yang yenq uliriloting prtiect dans MU yang melaksanakanK BK atau semiK BK yaitu sMqN J Malang SMUN 2 Malang SMLIN 3 Malang dan sMU Laboratorium uM serta2 dosenk imia yangk ompeten. lvlodul hasil pengembangatne rdiri dari enamk egiatanb elajard an rangkuman dari setiapk egiatanb elajar.T iap kegiatanb elajart erdapatk egratan-kegiatasne suai denganta hapd alaml earning cycte5 E danpendekatanp embelajarank -onstruktivistik. Hasil penilaian para validator dapat disimpulkan bahwa modul pengembangan muniliki.kiteria baik j elas layak v alid denganr ata-ratapresentapiee nilaian mencapaui 43%. uji cobad anp enelitianle bih lanjutp eriud ilakukant erhadap modulhasilp engembangainn i sepertit entangt eerenifan penggunaanm odul dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item