Media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut untuk siswa kelas VII semester II / Nur Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut untuk siswa kelas VII semester II / Nur Hikmah

Hikmah, Nur (2010) Media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut untuk siswa kelas VII semester II / Nur Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmah Nur. 2009. Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa Kelas VII Semester II. Skripsi. Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Soebari M.Pd (2) Mahmudin Yunus M.Kom Kata kunci Media Pembelajaran komputer garis dan sudut. Pengadaan media pembelajaran terutama media pembelajaran berbantuan komputer merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan perhatian konsentrasi dan membangkitkan motivasi belajar siswa. Untuk materi geometri dalam hal ini garis dan sudut yang memerlukan banyak visualisasi media pembelajaran berbantuan komputer dapat membantu proses pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut yang mudah digunakan oleh siswa serta dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa. Media pembelajaran garis dan sudut berbantuan komputer ini dikembangkan melalui 10 tahapan yaitu (1) menentukan kebutuhan dan tujuan (2) mengumpulkan bahan acuan (3) mempelajari isi (4) mengembangkan ide (5) mendesain pembelajaran (6) membuat flowchart program (7) Membuat story board atau lembar presentasi pada kertas (8) memprogram materi (9) membuat materi pendukung (10) evaluasi dan revisi. Hasil pembuatan media pembelajaran ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer materi garis dan sudut yang bersifat tutorial dengan karakteristik (1) pembukaan (2) pengendalian pelajaran (3) motivasi (4) penyajian materi (5) pertanyaan dan respon (6) penilaian (7) umpan balik (8) perbaikan (9) rangkaian pembelajaran dan (10) penutup. Berdasarkan pengembangan ini dapat disarankan agar dilakukan pembuatan dan pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer lebih lanjut baik untuk materi-materi yang lain maupun untuk perbaikan media-media yang sudah ada. Adapun pembuatannya sebaiknya juga memperhatikan kelemahan-kelemahan dari media pembelajaran berbantuan komputer yang telah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16864

Actions (login required)

View Item View Item