Aplikasi analisis deret berkala dengan metode Box-Jenkins pada peramalan penjualan susu pasteurisasi / Akhmad Riyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi analisis deret berkala dengan metode Box-Jenkins pada peramalan penjualan susu pasteurisasi / Akhmad Riyadi

Riyadi, Akhmad (2010) Aplikasi analisis deret berkala dengan metode Box-Jenkins pada peramalan penjualan susu pasteurisasi / Akhmad Riyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riyadi Akhmad. 2009. Aplikasi Analisis Deret Berkala dengan Metode Box-Jenkins pada Peramalan Penjualan Susu Pasteurisasi. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Hendro Permadi M.Si (II) Drs. Susiswo M.Si Kata Kunci peramalan ARIMA Box-Jenkins. Peramalan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan. Peramalan yang dilakukan umumnya didasarkan pada masa lalu yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode atau cara-cara tertentu. Banyak jenis metode peramalan yang tersedia. Penentuan metode peramalan yang sesuai dengan pola deret berkala yang diamati sangat menentukan ketepatan nilai ramalan yang dihasilkan. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menentukan model deret berkala. Salah satu metode peramalan yang dapat digunakan adalah metode Box-Jenkins (ARIMA). Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data dengan metode ARIMA adalah membuat plot deret berkala kemudian menentukan atau menaksir parameter dan uji kecocokan dari model yang telah diperoleh. Setelah itu dilakukuan prediksi untuk beberapa periode berikutnya berdasarkan model yang telah diperoleh tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan susu pasteurisasi KUD DAU Malang periode Januari 2005 sampai Mei 2009. Dari analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan model yang sesuai untuk data penjualan susu 140cc adalah ARIMA (2 1 0) dengan model peramalan dan model yang sesuai untuk data penjualan susu flav adalah ARIMA (1 1 1) dengan model peramalan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16863

Actions (login required)

View Item View Item