Vehicle routing problem with simultaneous deliveries and pick-ups (VRPSDP) dengan metode insertion heuristic dan penerapannya / Diaz Vinancya Ayuandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Vehicle routing problem with simultaneous deliveries and pick-ups (VRPSDP) dengan metode insertion heuristic dan penerapannya / Diaz Vinancya Ayuandari

Ayuandari, Diaz Vinancya (2010) Vehicle routing problem with simultaneous deliveries and pick-ups (VRPSDP) dengan metode insertion heuristic dan penerapannya / Diaz Vinancya Ayuandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayuandari Diaz Vinancya. 2009.Vehicle Routing Problem with Simultaneous Deliveries and Pick-ups (VRPSDP) dengan Metode Insertion Heuristic dan Penerapannya. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si. (II) Dra. Susy Kuspambudi A. M.Kom. Kata Kunci Vehicle Routing Problem VRP with Simultaneous Deliveries and Pick-ups Metode Insertion Heuristic Masalah distribusi adalah bagian dari permasalahan penyediaan barang atau jasa dari depot (pusat distribusi) ke customer yang tersebar di berbagai lokasi. Kondisi lokasi customer yang tersebar seringkali menyebabkan kendaraan harus menempuh perjalanan yang jauh dan tidak efisien. Salah satu konsep pada teori graph yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Vehicle Routing Problem (VRP). Salah satu pengembangan dari permasalahan VRP yaituVehicle Routing Problem with Simutaneous Deliveries and Pick-ups (VRPSDP) yang merupakan pengembangan dari VRP dengan penambahan kendala dimana pada saat pengiriman barang dilakukan pula pengambilan kemasan isi ulang/produk cacat secara simultan pada setiap titik pada lintasan. Permasalahan VRPSDP yang dibahas diselesaikan dengan menggunakan metodeInsertion Heuristicdan digambarkan dengan suatu graph. Gambar graph tersebut dianggap sebagai peta yang menjelaskan kemungkinan jalur yang dapat dilewati dengan setiap titik mewakili depot dan customer setiap sisi menunjukkan jalan yang menghubungkan antar titik dan setiap bobot pada sisi mewakili jarak. p dan Jumlah permintaan barang dinotasikan dengani d pengembalian barangi kapasitas kendaraanQ. Pencarian solusi dimulai dengan membentuk beberapa rute awal sesuai dengan jumlah kendaraan kemudian penyisipan titiki dengan d dilanjutkan penyisipan titikidengani d yang memenuhiQ di ip ip i hingga semua titik termuat dalam rute. danQ pi Pembahasan mengenai permasalahan VRPSDP ini memberikan beberapa analisa. Algoritmainsertion yang digunakan dalam penyelesaian permasalahan VRP dengan permasalahan VRPSDP mempunyai persamaan dalam hal penyisipannya yaitu sama-sama melakukan proses perluasan rute dengan penyisipan titik customer. Namun bedanya yaitu pada permasalahan VRP penyisipan titik customer didasarkan pada bobot sisi atau jarak antar customernya. Sedangkan pada permasalahan VRPSDP penyisipan titik customer didasarkan pada jumlah permintaan maupun pengembalian barang tiap customernya. Dari penerapan 4 contoh permasalahan VRPSDP dapat diberikan analisa pada penentuan posisi penyisipan untuk titik-titik customer dengan jumlah permintaan yang lebih kecil dari pengembalian barangnya urutan customer harus diperhatikan agar tidak terjadi pelanggaran terhadap kendala kapasitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16859

Actions (login required)

View Item View Item