Studi preferensi mahasiswa terhadap produk jasa telekomunikasi prabayar (SIM Card) dengan metode analytic hierarchy process (AHP) (Studi Kasus di Universitas Negeri Malang) / Maya Pramitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi preferensi mahasiswa terhadap produk jasa telekomunikasi prabayar (SIM Card) dengan metode analytic hierarchy process (AHP) (Studi Kasus di Universitas Negeri Malang) / Maya Pramitasari

Pramitasari, Maya (2010) Studi preferensi mahasiswa terhadap produk jasa telekomunikasi prabayar (SIM Card) dengan metode analytic hierarchy process (AHP) (Studi Kasus di Universitas Negeri Malang) / Maya Pramitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramitasari Maya. 2009. Studi Preferensi Mahasiswa terhadap Produk Jasa Telekomunikasi (Sim card) dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si (II) Drs. Susiswo M.Si. Kata kunci AHP Sim card hirarki preferensi. AHP adalah suatu prosedur pengambilan keputusan multikriteria dengan cara mengelompokkan dari situasi kompleks berdasarkan indikator hirarki. Langkah-langkah pengambilan keputusan (1) menyusun hirarki keputusan (2) menghitung bobot berdasar nilai eigen dan vektor eigen dari matriks perbandingan berpasangan kebalikan dan (3) menentukan prioritas tertinggi berdasar nilai Consistency Ratio (CR). Mengingat penggunaan telepon seluler yang semakin marak di kalangan mahasiswa menyebabkan semakin meningkatnya persaingan produk jasa telekomunikasi prabayar (Sim card). Aplikasi AHP sangat tepat digunakan untuk mengetahui preferensi/pilihan mahasiswa Universitas Negeri Malang terhadap produk jasa telekomunikasi (Sim card). Pada penelitian ini disusun suatu sistem hirarki empat level. Level pertama merupakan fokus dari permasalahan yaitu pemilihan Sim card. Level kedua adalah kriteria ada tiga macam kriteria yaitu kriteria ekonomis kriteria fasilitas dan kriteria lain-lain. Kemudian masing-masing kriteria ini dibagi ke dalam subkriteria di mana kriteria ekonomis terdiri dari harga perdana harga voucher tarif telepon dan tarif SMS. Kriteria fasilitas terdiri dari sinyal/jangkauan bebas roaming layanan operator dan kelengkapan fitur. Kriteria yang terakhir yaitu kriteria lain-lain terdiri dari image produk dan bonus/hadiah. Masing-masing subkriteria menempati level ketiga. Sedangkan pada level keempat terdapat alternatif yaitu kelima produk jasa telekomunikasi prabayar yang terdiri dari Simpati Mentari IM3 XL dan As. Setelah dilakukan analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa urutan preferensi mahasiswa terhadap produk jasa telekomunikasi prabayar (Sim card) yang paling disukai adalah IM3 diikuti Simpati XL As dan Mentari dengan persentase prioritas berturut-turut adalah 34.1% 22% 16.6% 14.1% dan 13.2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item View Item